Warga Lapor Polisi Ada Kapal Berbendera Panama Melintas di Perairan Kepulauan Salibabu Talaud

Tribratanews.com – Masyarakat pesisir pantai Desa Sereh dan Talolang, Kecamatan Lirung, Talaud, Sulawesi Utara, digemparkan dengan melintasnya sebuah kapal yang diduga kapal asing di perairan Kepulauan Salibabu, Selasa (16-05-2017) malam.

Kejadian ini selanjutnya dilaporkan oleh Pjs Kepala Desa Talolang, Serli Tinihada (48), ke Polsek Lirung melalui telepon, sekitar pukul 20.00 WITA. Diterangkan Serli, kapal tersebut melintas terlalu dekat dengan perairan sekitar Desa Sereh.

Usai menerima laporan, Kapolsek Lirung bersama anggota langsung menuju pantai Desa Talolang yang telah dipenuhi warga sekitar, lalu meminta keterangan dari sejumlah saksi. Kapolsek bersama 3 anggotanya, Sekcam Lirung dan Babinsa selanjutnya menaiki 2 pamboat untuk mendekati kapal tersebut.

Setelah menempuh perjalanan sekitar 3 jam, akhirnya pamboat berhasil mendekati kapal tersebut. Dan diketahui bahwa kapal itu jenis kapal pengebor minyak lepas pantai dengan nama “Chombury Explore”, yang ditarik oleh 4 kapal tagboat berbendera Panama.

Dengan pertimbangan kekuatan personel, peralatan dan keselamatan, akhirnya tim memutuskan hanya mengambil gambar kapal tersebut dari jarak sekitar 200 meter lalu kembali ke pantai Desa Talolang.

Kapolres Talaud, AKBP Hendra Sukaca membenarkan kejadian tersebut. “Kami berkoordinasi dengan pihak terkait dan berupaya melakukan pengejaran,” ujarnya.

[Humas Polda Sulut]

Komentar

Related Posts