Waka Polsek Randudongkal Pemalang Hadiri Kampanye Imunisasi Campak-Rubella

Tribratanews.com – Waka Polsek Randudongkal, Polres Pemalang, Polda Jateng, Iptu Mugi Harjono SH, bersama Kanit Intel Polsek Randudongkal Bripka Catur P dan Kanit Binmas Aiptu Wahyudin, mengikuti advokasi dan kampanye imunisasi campak-rubela (MR) yang dilaksanakan di UPTD Puskesmas Randudongkal Kabupaten Pemalang, Kamis (27-07-2017).

Kegiatan dihadiri 20 peserta, unsur Muspika Kecamatan Randudongkal, instansi dan perwakilan kepala desa.

Dalam sambutanya, Dr Mustofa sekaligus menjelaskan, “Bahwa campak-Rubella (Campak Jerman) adalah penyakit menular melalui saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus campak dan rubella, campak dan rubella adalah penyakit sangat menular.”

“Anak-anak dan orang dewasa yang belum pernah diimunisasi campak dan rumbella atau yang belum pernah mengalami penyakit campak-rumbella mempunyai resiko tinggi tertular penyakit ini. Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius seperti radang paru-paru (pnemuonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan, gizi buruk, dan sampai kematian,” lanjutnya.

“Campak-rubella sendiri bila menular pada ibu hamil pada tri semester pertama atau awal kehamilan dapat menyebabkan keguguran atau cacat pada bayi yang lahir, kecacatan tersebut dikenal dengan Sindroma Rubella Kongenital yang meliputi kelainan pada jantung, mata, ketulian, dan keterlambatan perkembangan,” jelas Mustofa.

“Program pemberian imunisasi campak-Rumbella (MR) ini digratiskan oleh pemerintah, bila membayar sekali kita melakukan imunisasi (MR) seharga Rp40.000. Pelaksanaan imunisasi akan dilaksanakan mulai tanggal 01 Agustus sampai dengan September 2017.”

“Tidak ada pengobatan untuk penyakit campak-rumbella namun dapat dicegah dengan pemberian vaksin, satu vaksin untuk dua penyakit sekaligus untuk itu mari kita bersama-sama menyukseskan program ini. Perlu peran bersama untuk membantu mensosialisasikan program tersebut sehingga pada saat pelaksanaan dapat tercapai sesuai dengan target,” tegas Dr Mustofa.

[Tribratanews.com/Humas Polres Pemalang]

Related Posts