Waka Polda Sulut Pimpin Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI

Tribratanews.com – Polda Sulawesi Utara menggelar upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekan Republik Indonesia ke-72 di Mapolda Sulut, Kamis (17-08-2017) pagi.

Upacara dipimpin oleh Waka Polda Sulut, Brigjen Pol Johanis Asadoma, diikuti para Pejabat Utama dan seluruh personel Polda Sulut serta personel Polresta Manado.

Membacakan amanat Kapolri, Waka Polda Sulut mengajak personel Polri agar terus menanamkan dan meningkatkan nilai-nilai kejuangan yang dimiliki para pahlawan, untuk diaplikasikan di tempat tugas di mana pun berada.

Brigjen Pol Johanis Asadoma berharap, anggota Polri bisa menjadi sosok panutan dan teladan di tengah masyarakat dengan cara tidak menyakiti hati masyarakat serta melakukan tindakan tegas terhadap berbagai bentuk kriminalitas sesuai dengan aturan yang berlaku.

Tema yang diangkat dalam peringatan HUT RI tahun 2017 yaitu Indonesia Kerja Bersama. Waka Polda juga menegaskan bahwa tidak ada satu institusi pun bekerja sendiri untuk mengisi pembangunan yang sudah diperjuangkan oleh para pahlawan.

“Pembangunan itu hanya bisa dicapai apabila kita bekerja sama, seluruh stake holder, seluruh anak bangsa, tanpa membeda-bedakan suku agama, ras, golongan, semuanya harus bekerja sama mengisi kemerdekaan. Baru kita bisa membangun bangsa ini menuju bangsa yang sejahtera, bangsa yang hebat, bangsa yang dibanggakan oleh seluruh rakyatnya, dihormati oleh masyarakat internasional. Sehingga Bangsa Indonesia ini betul-betul menjadi bangsa yang besar,” tegasnya.

Polri dalam mengisi pembangunan ini, menurut Waka Polda, harus melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dengan baik, menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Kalau aman dan tertib itu bisa terwujud di tengah masyarakat, maka pembangunan pun akan berjalan dengan lancar, masyarakat melakukan aktivitasnya dengan baik, dengan tenang, dengan nyaman, tentu masyarakat akan menjadi produktif. Tapi kalau situasi tidak aman tentu masyarakat tidak akan produktif,” kata Brigjen Pol Johanis Asadoma.

Peringatan upacara ini ditandai dengan pengibaran Bendera Merah Putih, pembacaan teks Proklamasi, pembacaan UUD 1945, pembacaan Pancasila, dan hening cipta. (Pri)

[Tribratanews.com/Humas Polda Sulut]

Related Posts