Wadir Reskrimum Polda Bali Secara Resmi Buka Lat Pra Ops Sikat Agung 2017

Tribratanews.com – Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum (Wadir Reskrimum) Polda Bali, AKBP Sugeng Sudarso SH, SIK, MM, selaku Wakil Kepala Operasi Daerah (Waka Opsda) membuka secara resmi Latihan Pra Operasi (Lat Praops) Sikat Agung 2017, bertempat di Gedung Rupatama Polda Bali, Selasa (24-10-2017).

Latihan ini akan berlangsung selama dua hari, yaitu mulai dari tanggal 24 sampai dengan 25 Oktober 2017.

Dalam arahannya, AKBP Sugeng Sudarso mengatakan bahwa mengacu pada evaluasi kejadian-kejadian curanmor, curat, curas, dan cusa di wilayah Denpasar, Bali, secara umum boleh dikatakan cukup tinggi angkanya, walaupun pengungkapannya juga lebih tinggi. Tetapi belum signifikan sampai dengan 100 % diungkap.

“Oleh karena itu, kita melaksanakan operasi ini dengan tujuan untuk memaksimalkan, mengoptimalkan pengungkapan kasus-kasus yang terjadi selama ini yaitu curat, curas, cusa, dan curanmor. Diharapkan dengan dilaksanakan operasi ini akan membawa dampak, baik deterrent maupun secara umum,” katanya.

Perwira melati dua ini menambahkan, diharapkan dengan pelaksanaan operasi ini para pelaku akan berpikir dua kali. Kalau perlu, diberikan tindakan tegas seperti yang dikatakan Kapolda Bali pada apel.

“Rekan-rekan diberikan senjata bukan untuk hiasan, tapi gunakan dengan prosedur yang benar. Ciptakan Bali ini aman kondusif, tujuannya adalah untuk kita semua, untuk kesejahteraan warga Bali,” tegasnya.

Pada kesempatan tersebut, Wadir Reskrimum Polda Bali juga menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan operasi harus tercipta suatu kondisi yang dinamis. Dinamis dalam hal pelaksanaan operasi tentunya dibarengi dengan hasil yang maksimal. Untuk operasi ini, diharapkan pengungkapannya juga maksimal.

“Maksimalkan pengungkapan, sehingga nilai dari kerugian yang bisa kita temukan itu akan sebanding dengan anggaran negara yang dikeluarkan,” katanya.

Terkait perlengkapan pribadi atau perorangan, mengingat cuaca tidak menentu dan waktu pelaksanaan operasi tidak hanya siang hari, mantan Kapolres Karangasem ini meminta kepada para peserta operasi agar menyiapkan perlengkapan seperti senter dan jas hujan.

“Ini untuk mendukung pelaksanaan operasi, sehingga personel siap melaksanakan tugas kapanpun dan dalam situasi apapun. Setiap kegiatan, upayakan membawa perlengkapan pribadi,” pintanya.

Lat Praops Sikat Agung Polda Bali 2017 mengangkat tema “Melalui Latihan Pra Operasi Kepolisian kewilayahan kita tingkatkan profesionalisme Polri dalam rangka menindak segala bentuk tindak pidana curat, curas, cusa dan curanmor”. Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 150 peserta yang merupakan gabungan dari satuan kerja Mapolda Bali.
“Tolong ikuti apa arahan ataupun materi yang akan disampaikan oleh para instruktur,” pesan Wakaopsda Sikat Agung 2017.

[Tribratanews.com/Humas Polda Bali]

Related Posts