Tradisi Gerbang Pora Mengawal Pelepasan 11 Personil Purna Bhakti Polsek Tambora Jakbar

Tribratanews.com- Dengan Suasana sedih, haru dan semarak pun kian terasa di halaman Polsek Tambora Polres Metro jakartra Barat,di Jalan T.B Angke No.01 Kelurahan Angke,Tambora Jakarta Barat dimana sejak Pukul 07.30 Wib Sabtu, 19 Agustus 2017 pagi tadi persiapan para petugas upacara Pelepasan Purna Bhakti 11 Personil Polsek Tambora yang telah memasuki masa Purna Bhakti.(19-08-2017)

Upcara dilaksanakan dengan khidmat, dalam Acara Pelepasan Purna Bhakti ini yang bertindak sebagai inspektur upacara yaitu Kapolsek Tambora Kompol M Syafi’I,Sik , perwira upacara AKP Rikbbens Pasaribu dan Komandan upacara Kanit Sabhara Akp Saifudin.Ali.M.

Dalam Pelepasan ini hadir para Purnawirawan Polri Polsek Tambora, beserta Ibu ketua Bhayangkari Ranting beserta anggota Pengurus, para Perwira dan Brigadir serta PNS Polsek Tambora, Pada Acara Pelepasan ini yaitu pada saat Kapolsek Tambora menyerahkan Cinderamata kepada 11 Peserta Purna Bhakti serta Penyerahan data di tengah-tengan lapangan Upacara.

Ke 11 Personil yang mengakhiri masa pengabdiannya ini antara lain 1. Ipda (Purn) Tohari, 2. Ipda (Purn) Hartono, 3. Ipda (Purn) Joko Sartono,4. Ipda (Purn) Edi Harsono, 5. Ipda (purn) I Ketut Suyasa, 6. Aiptu (Purn) Heri Susanto, 7. Aiptu (purn) Dalriyana, 8. Bripka (purn) Muller Saragih, 9 Bripka (purn) Supardi , 10. Bripka (Purn) Hatta Jamil, 11. Bripka (purn) Sunito.

Di usia yang telah lanjut para peserta Acara Pelepasan masih tetap semangat mengikuti acara, sikap dan naluri kebhayangkaraannya mereka masih tetap tertanam kokoh dalam sanubari, hal ini tercermin pada salah satu personil yang masih tetap hadir dalam kegiatan ini meski dalam keadaan menderita Sakit Aiptu (Purn) Heri Susanto yang tetap melewati semua prosesi dengan khidmat dan senyum kebanggaan diwajahnya, senyum bahagia yang terlihat saat Prosesi Upacara.

Selanjutnya ke 11 Personil tersebut dilepas langsung oleh Kapolsek Tambora yang didampingi oleh Ketua Bhayangkari Ranting Ny.Nina M Syafi’i serta Para Pengurus, Tradisi ini merupakan ide dan pemikiran dari Kapolsek Tambora Kompol M Syafi’I Sik yang dimana ini adalah tradisi yang pertama kali diselenggarakan di Polsek Tambora, Para Perwira utama dan personil mengantar para Purna Bhakti melewati Gerbang Pora dimana di gerbang tersebut telah menanti para Perwira menggunakan pedang Pora untuk membentuk suatu gerbang dengan pedang terhunus di dampingi Bhayangkari mengikuti alur pergerakan barisan yang melintasinya.

kemudian dilalui oleh Rombongan Personil Purna Bhakti dan yang mengantar mereka menuju Mobil yang telah disiapkan, alunan musik dan puisi menambah haru suasana pelepasan para personil purna bhakti ini ditambah tangis para Istri Purna Bhakti sesaat setelah melintasi gerbang dan bersalaman dan saling berpelukan dengan Kapolsek Tambora dan Para Perwira.

“Tradisi Pelepasan yang diselenggarakan ini merupakan wujud rasa terima kasih kami, penghargaan yang setinggi-tingginya atas jasa dan pengabdian selama bertugas di Kepolisian Negara Republik Indonesia, Kami tetap berharap agar kiranya kedepan para purnawirawan dapat menjadi mitra polri yang berada di tengah-tengah masyarakat, serta tetap memberikan sumbangsih pemikirannya terhadap pelaksanaan tugas-tugas kepolisian”, Di Katakan Kapolsek Tambora Saat Sambutnya.

(Humas Polsek Tambora)

Related Posts