Tekan Fatalitas Kecelakaan, Sat Lantas Polres Aceh Tengah Pasang Ban Bekas di Puncak Pantan Terong

Tribratanews.com – Polres Aceh Tengah, Polda Aceh, bersama Dinas Perhubungan setempat, pasang ratusan ban mobil bekas di tikungan tajam menuju lokasi wisata Pantan Terong, Desa Bahgie, Kecamatan Bebesen, Senin (24-07-2017).

Pemasangan itu dimaksud untuk mencegah adanya korban laka lantas bagi wisatawan yang berkunjung ke puncak tertinggi di Dataran Tinggi Gayo itu.

Kapolres Aceh Tengah, AKBP Harajadi SH, menjelaskan laka tunggal dengan tempat kejadian perkara (TKP) di jalur menuju Pantan Terong, di tikungan Desa Bahgie kerap terjadi. Terhitung sejak 2016 hingga Juli 2017, empat nyawa melayang dalam kasus laka tunggal itu.

“Laka terakhir terjadi pada 9 Juli 2017 atau dua pekan pasca Idul Fitri 1438 H. Laka tunggal itu telah mengakibatkan satu nyawa melayang dan satu kritis, mereka merupakan warga Aceh Utara,” ungkap Kapolres AKBP Haryajadi.

Dikatakan, selain pemasangan ban mobil bekas pada salah satu tikungan tajam yang terletak di Desa Bahgie, pihaknya juga turut memasang sejumlah spanduk peringatan mulai dari turunan puncak lokasi wisata Pantan Terong agar pengendara lebih waspada.

Terlebih, kata AKBP Harajadi, tikungan yang terletak di Desa Bahgie memiliki ketinggian hingga 1,5 km dari puncak lokasi wisata Pantan Terong.

“Penyebab laka tunggal selama ini juga diakibatkan karena rem kendaraan blong, ini lantaran turunannya cukup jauh, terlebih kendaraan matic, pengereman tidak dapat dibantu dengan kopling,” ujar Kapolres AKBP Haryajadi.

Kepada wisatawan, ia turut mengimbau agar terlebih dahulu mengecek kondisi kendaraan sebelum mendaki puncak wisata Pantan Terong. Terlebih bagi mereka wisatawan yang berasal dari luar daerah.

[Tribratanews.com/Humas Polres Aceh Tengah]

Like
LikeLoveHahaWowSadAngry

Related Posts