Subbag Hukum Polres Pekalongan Kota Lakukan Sosialisasi UU No 39 tahun 2007

Tribratanews.com – Untuk meningkatkan pemahaman, kepatuhan, kepastian dan penegakan hukum terhadap Undang-Undang No 39 tahun 2007 tentang cukai, Selasa (25-07-2017) dilakukan sosialisasi peraturan perundang-undangan barang kena cukai dan aspek pidana serta peran masyarakat oleh tim sosialisasi dari Subbag Hukum Polres Pekalongan Kota, Subbag Hukum Pemkot Pekalongan dan Bea Cukai Kota Pekalongan.

Kegiatan sosialisasi tersebut bertempat di aula Kelurahan Panjang Wetan Kecamatan Pekalongan Utara Kota Pekalongan dan dihadiri oleh perangkat Kelurahan Sekota Pekalongan, perwakilan masing-masing Rt/Rw dan pedangang rokok.

Kapolres Pekalongan Kota melalui Paur Rapluhkum Subbag Hukum Polres Pekalongan Kota Iptu Suparmono mengemukakan, cukai merupakan pungutan negara yang dikenakan terhadap barang yang memiliki karakteristik yang ditetapkan dalam undang-undang.

“Secara kategorial cukai adalah salah satu jenis pajak dari beberapa jenis pajak lain yang dikenal di Indonesia seperti pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai dan pajak penjualan atas barang mewah serta pajak bumi dan bangunan,” imbuhnya.

Diharapkan, setelah mengikuti sosialisasi, para peserta dapat memahami peraturan yang berkaitan dengan cukai sebagai pedoman pelaksanaan tugas. “Setelah mengikuti sosialisasi ini hendaknya saudara mempu mengaplikasikan dalam lingkungan kerja serta disebarluaskan kepada masyarakat,” harapnya.

 

[Tribratanews.com/Humas Polres Pekalongan]

Related Posts