Sisi Humanis Kapolda Sulbar Saat Hadapi Aksi Demo HMI

Tribratanews.com – Aksi Demo Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) se Sulbar sempat ricuh yang dipicu penghadangan mobil water canon milik kepolisian yang hendak memadamkan api pembakaran ban bekas.

Dalam penghadang mobil itu, salah satu massa aksi pingsan. Dengan rasa kemanusiaan Kapolda Sulbar membantu salah satu pengunjuk rasa yang terjatuh saat berdesakan dengan rekan-rekannya sendiri yang bermaksud hendak menghadang water Canon yang akan memadamkan api.

Ia meminta kepada anggotanya untuk segera membawanya ke RSUD untuk mendapatkan perawatan medis.

Kapolda Sulbar Brigjen Pol Bajaruddin Djafar berpesan kepada seluruh jajarannya untuk sikapi para pengunjuk rasa dengan humanis tanpa mengedepankan kekerasan. Sebab menurutnya kekerasan bukan solusi terbaik dan tidak akan menyelesaikan masalah.

“Kita sering melayani unjuk rasa, maka saya tekankan kepada seluruh anggota di Polda maka pelayanan unjuk rasa kedepankan persuasif dan simpatik,” ujarnya saat menerima massa aksi.

Mantan Kabid Humas Metro Jaya tersebut berkali-kali menekankan agar dalam penanganan demonstran tidak selalu dengan cara anarkis. Bagaimana jika para pengunjuk rasa itu rusuh?

“Manakala anarkis kita penggunaan kekuatan tindakan kepolisian mulai dari kehadiran polisi di lapangan, imbauan, kendali tangan kosong lunak dan keras mengunakan tameng,” lanjutnya.

“Saya tidak membolehkan menangani unjuk rasa dengan senjata, manakala massa anarkis membakar, membunuh dan membahayakan maka dipedomani protab nomor 10 menggunakan peluru hampa, peluru karet dan peluru tajam. Batas pinggul sampai bawah, artinya melumpuhkan,” sambung Baharuddin.

Dia mengimbau agar para penegak hukum di mana pun berada untuk menjaga ketertiban dan menciptakan kenyamanan bagi masyarakat. Bukan sebaliknya, meresahkan atau menakutkan.

“Marilah kita bersama-sama jadi penegak hukum yang humanis. Artinya, didasari rasa kemanusiaan bukan mengedepankan rasa keadilan semata,” tutupnya.

 

[Tribratanews.com/Otoritasnews.com]

Related Posts