Sisa Bakaran Tungku Dapur Penyebab Rumah Warga di Kalapanungal Sukabumi Hangus Terbakar

Tribratanews.com – Kebakaran rumah bilik yang diduga dari pembakaran tungkudapur terjadi di Kampung Dam, RT 18 RW 07, Desa Kalapanunggal, Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (15-08-2017).

Rumah yang terbakar merupakan bangunan bilik milik ibu Enok (70). Bentuk dan kondisi bangunannya terbuat dari bilik bambu, ukuran 4×7 m2, lantai tanah, menggunakan rangka kayu dan atap asbes.

Adapun kronologi kejadian berawal sekitar pukul 06.30 Wib, ibu Enok meninggalkan rumah untuk mengaji di mushola yang  lokasinya tidak jauh dari rumahnya, sedangkan cucunya juga berangkat ke sekolah sehingga rumah dalam keadaan kosong.

Tidak lama kemudian, sekitar pukul 07.30 Wib, korban mendengar informasi bahwa rumahnya telah kebakaran dan saat itu juga korban langsung mengeceknya dan ternyata benar bahwa rumahnya sudah hangus terbakar.

Berdasarkan hasil olah TKP dan keterangan para saksi, diduga kebakaran dari sisa kayu bakar yang berada di tungku masak menyisakan api dan di sebelah tungku terdapat tumpukan kayu bakar sehingga kemungkinan terkena api lalu menyala dan merembet ke dinding bilik rumah.

Akibat kebakaran, seluruh bangunan rumah hangus terbakar, kemudian terdapat beberapa barang seperti kursi, almari,  perabotan dapur berikut pakaian dan termasuk surat-surat penting.

Kerugian korban diperkirakan sekitar Rp20 juta. Beruntung tidak ada korban luka. Untuk sementara ibu Enok menempati rumah anaknya yang masih tetangga yaitu rumah Andi.

[Tribratanews.com/Humas Polres Sukabumi]

Related Posts