Sering Ngobrol dengan Turis Asing saat Patroli di Glamping Lakeside, Bripka Ganda Dapat “Tugas Ganda”

Tribratanews.com – Anggota Unit Patroli Kepolisian Sektor Ciwidey, Polres Bandung, Polda Jawa Barat, Bripka Ganda, mendapat kepercayaan memberikan pengajaran bahasa asing kepada karyawan obyek wisata Glamping Lakeside.

Hal ini bukan tanpa sebab. Kemampuan berbahasa asing Bripka Ganda jadi alasannya. Sedikitnya tiga bahasa asing ia kuasai, mulai dari Inggris, Perancis, hingga Jepang.

Sementara Glamping Lakeside, yang berada di tepi Situ Patenggang Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung, merupakan kawasan wisata yang sering didatangi turis asing. Ini membuat karyawannya perlu belajar bahasa asing, terutama Bahasa Inggris.

Menurut Bripka Ganda, tugas tambahan itu didapat berawal saat dirinya melaksanakan patroli di sekitar obyek wisata Glamping Lakeside. Tanpa menyadari, dirinya ternyata diperhatikan oleh pemilik objek wisata tersebut karena sering berkomunikasi dengan para wisatawan asing. Tak sekadar komunikasi, ia dinilai mampu berbahasa Inggris dengan baik dan ramah. Tak jarang para wisatawan tampak asyik saat berbincang dengannya.

“Pemintaan dari pemilik Glamping Lakeside. Bahkan mintanya seminggu tiga kali. Bukannya tidak mau, namun tugas pokok Polri tetap harus menjadi paling utama,” terang Bripka Ganda saat dihubungi via telepon, Sabtu (11-11-2017).

Bripka Ganda berharap, para karyawan tersebut terus semangat untuk belajar bahasa asing. Sehingga nantinya dapat menarik para wisatawan asing berkunjung ke obyek wisata yang ada di Rancabali dan Ciwidey.

“Alhamdulillah, para karyawan sangat antusias sekali,” katanya.

Salah satu turis asing yang berkunjung ke Glamping Lakeside, Kevin Albert, mengaku sangat terbantu dengan adanya anggota Polri dari Polsek Ciwidey yang dapat berbahasa asing dengan baik.

“Tidak hanya patroli di obyek wisata, tapi Bripka Ganda sering berkomunikasi dengan para wisatawan asing. Terlihat sangat menarik cara berkomunikasinya,” kata wisatawan asal Perancis tersebut.

Salah satu karyawan yang merasa terbantu berkat pengajaran bahasa asing dari anggota Polisi tersebut adalah Lutfi. “Jadi kami sedikit-sedikit bisa komunikasi dengan wisatawan asing,” akunya.

Apa yang dilakukan Bripka Ganda mendapat dukungan dari atasannya. Kapolsek Ciwidey, AKP Dwi Nugroho Saputro SIK, berharap dengan apa yang dilakukan anggotanya tersebut, dapat menjadi nilai positif untuk semakin mendekatkan Polri dan masyarakat.

[Tribratanews.com/Humas Polres Bandung]

Related Posts