Sembilan Hari Berada di Atas Sutet, Akhirnya Agustinus Berhasil Diturunkan

Tribratanews.com –  Setelah sembilan hari berada diatas Tower Sutet yang berada di Jalan Yos Sudarso RT 02, RW 06 Kelurahan Sungai Bambu Kecamatan Tanjung Priok Jakarta Utara, akhirnya Agustinus berhasil diturunkan oleh petugas gabungan, Selasa (22-08-2017).

Kepala Kepolisian Resor Metro Jakarta Utara Kombes Pol Dwiyono SIK, MSI mengungkapkan, upaya evakuasi tersebut dilakukan sekitar 4 orang Petugas PLN Jakarta Utara dipimpin oleh Sukma Hatriana,

“Telah dilakukan upaya evakuasi terhadap pemanjat tower sutet bernama Agustinus yang sudah 9 hari berada diatas Tower Sutet oleh sekitar 4 orang petugas PLN Jakarta Utara,” ujar Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Pol Dwiyono.

Kapolres menjelaskan proses evakuasi tersebut dilakukan sekira pukul 12.35 WIB oleh 4 orang petugas PLN dengan menaik ke atas tower sutet, dan membujuk agar Agustinus mau turun, namun belum berhasil diturunkan dan baru berhasil menurunkan barang-barang milik Agustinus

Barang-barang yang berhasil diturunkan tersebut berupa 1 tas rangsel warna hitam, dengan isinya antara lain bendera Merah Putih, bendera LSM warna biru, alat pengeras TOA, koran media, botol aqua, balsem, kater 2 buah, krek api gas, pulpen dan kain Putih.

“Selanjutnya untuk dua orang petugas PLN masih bertahan diatas sambil menunggu dari Damkar Resju dan Ambulans,” ujar Kapolres yang didampingi Kasi Propam Polres Jakut Kompol Santoso.

Lanjut Kapolres, dengan berbagai upaya proses evakuasi terus berlangsung dilakukan oleh petugas karena Agustinus belum bisa dibujuk untuk turun.

Oleh petugas, negosiasi dilakukan dengan pihak keluarga (ataupun kuasa hukumnya/LBH) melalui HT yang dibawa oleh Petugas PLN, dan sekira pukul 13.30 WIB, mendatangkan tim evakuasi dari Damkar Jakarta Utara tiba dengan personil sebanyak 15 orang di pimpin Satriadi Gunawan.

Kemudian, sekira pukul 13.40 WIB, ambulans 118 dipimpin Firdaus tiba dilokasi untuk persiapan. Lalu pada pukul 14.00 WIB Agustinus berhasil diturunkan dan langsung dibawa Ambulans 118 ke Rumah Sakit Koja Jakarta Utara untuk upaya penyembuhan kesehatan.

Kapolres Metropolitan Jakarta Utara Kombes Pol Dwiyono mengungkapkan, selama ini petugas telah berupaya membujuknya untuk turun namun ia menginginkan tetap bertahan diatas dan meminta aspirasinya ditanggapin.

“Agustinus ini sudah berapa kali melakukan hal yang serupa di mana-mana, dan pelaksanaan evakuasi ini dilakukan oleh pihak Damkar Jakut dan PLN Jakut,” ungkap Kapolres.

“Selama diatas yang bersangkutan sudah lemas sekali karena sudah 8 hari lebih setengah hari ini diatas sehingga harus dibawa dan dirawat ke Rumah Sakit Koja Jakut,” sambung Kapolres.

Setelah sembuh nanti dalam perawatan, pihak kepolisian akan melakukan test spicitist dan tidak lupa juga Kapolres mengucapkan terimakasih kepada masyarakat sekitar dan pengguna jalan yang telah turut membantu proses pelaksanaan evakuasi.

(Tribratanews.com/humas polres metro jakarta utara)

Related Posts