Selewengkan Dana Hibah Senilai Rp900 Juta, Koprasi Al-hikmah Disegel Polres Blitar

Tribratanews.com – Jajaran Polres Blitar menggeledah kantor Koperasi Al Hikmah yang berada di Desa Tumpang, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar, terkait kasus penyelwengan dana hibah sebesar Rp900 juta untuk pembangunan kios Pasar dari Kementerian Koperasi dan UKM RI, Selasa (25/7/2017).

Penggeledahan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Blitar, AKBP Slamet Waloya bersama anggota Sat Reskrim Polres Blitar.

“Laporan dugaan penyelewengan revitalisasi Pasar Tumpang tahun anggaran 2015 ini telah diterima sejak pada 14 Juli 2016. Kami sudah mulai penyelidikan, sedangkan dugaan penyelewengan dana hibah terjadi pada Oktober 2015,” kata Slamet Waloya.

Ia menerangkan, dana hibah Kementerian Koperasi dan UKM senilai Rp 900 juta tersebut dipergunakan untuk merevitalisasi Pasar Tumpang dengan rincian 20 kios, 2 los dan 2 toilet.

“Pada tahun 2015 Koperasi Al Hikmah mengajukan proposal untuk revitalisasi Pasar Tumpang yang ditandatangani ketua koperasi kepada Kementerian Koperasi dan UKM RI Cq. Deputi Kementerian Bidang pemasaran dan jaringan usaha sebesar Rp 900 juta untuk pembangunan 20 kios. Dana tersebut cair Rp 900 juta pada tanggal 8 September 2015,” jelasnya.

Namun realisasinya, lanjut dia, ternyata pembangunan pasar yang berlangsung selama empat bulan itu swakelola. “Sehingga kami temukan SPJ dana Rp 900 juta itu dilaporkan habis untuk pembangunan pasar. Mereka membuat kuitansi fiktif dan mark up harga,” ungkap Slamet.

Dalam penggeledahan ini polisi mengamankan beberapa berkas dari dalam kantor. Usai penggeledahan, Kantor Koperasi Al Hikmah langsung di police line.

 

 

[Tribratanews.com / Humas Polres Blitar – Polda Jatim]

Like
LikeLoveHahaWowSadAngry

Related Posts