Sebuah Rumah di Desa Penolih Purbalingga Hangus Terbakar

Tribratanews.com – Peristiwa kebakaran rumah terjadi di Desa Penolih, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Rabu (04-10-2017).

Kapolsek Kaligondang AKP Imam Hidayat SH, mengatakan kejadian diketahui sekitar pukul 04.00 WIB. Sedangkan rumah yang terbakar diketahui milik Sumarja (80).

Berdasarkan keterangan sejumlah saksi, kebakaran diketahui pertama kali oleh Yono dan Turyanto yang hendak melaksanakan shalat subuh. Saat itu, ia melihat ada api menyala di rumah korban.

“Mendapati kejadian teraebut, saksi bernama Yono kemudian mendobrak pintu rumah untuk menolong korban dan membawanya keluar dari rumah. Selanjutnya berteriak minta tolong kepada warga,” jelas Kapolsek.

Tidak berselang lama warga berdatangan untuk memberikan bantuan. Dengan alat seadanya warga berusaha memadamkan api. Selain itu, warga juga menghubungi polsek dan pemadam kebakaran.

Anggota Polsek Kaligondang dipimpin Kepala SPKT Aiptu Tri Widodo mendatangi TKP beserta petugas pemadam kebakaran yang langsung berusaha memadamkan api.

Karena api yang cukup besar, tiga mobil kebakaran didatangkan ke lokasi kejadian. Setelah sekitar dua jam akhirnya api dapat dipadamkan.

Kapolsek menambahkan, penyebab kebakaran diduga karena adanya hubungan pendek arus listrik. Akibat korsleting listrik, kemudian menimbulkan percikan api yang membakar rumah korban.

“Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut, namun rumah milik korban yang berukuran 10×20 meter dengan dinding tembok dan atap seng ludes terbakar. Kerugian ditaksir mencapai Rp 70 juta,” jelas kapolsek.

Kapolsek menghimbau kepada masyarakat agar lebih waspada dan berhati hati terkait instalasi listrik di rumah. Lakukan kontrol dan mengecek instalasi listrik secara berkala sehingga bisa terhindar dari korsleting listrik yang dapat mengakibatkan kebakaran.

[Tribratanews.com/Humas Polres Purbalingga]

Related Posts