Sat Lantas Polres Magelang Tertibkan Penggunaan Strobo di Kendaraan Umum dan Pribadi

Tribratanews.com – Sat Lantas Polres Magelang, Jawa Tengah, terus menggiatkan operasi penertiban penggunaan lampu biru (strobo) yang di pasang di kendaraan umum maupun pribadi.

“Kegiatan ini merupakan operasi rutin yang dilakukan Sat Lantas Polres Magelang guna menertibkan kendaraan yang dipasang strobo,” terang Kasat Lantas Polres Magelang AKP Didi Dewantara SIK, SH.

Menurut Kasat Lantas Polres Magelang, sesuai undang-undang lalu lintas dan jalan raya Nomor 22 tahun 2009, penggunaan lampu rotator dalam kendaraan sudah diatur keperuntukannya. Untuk lampu warna biru dan sirine hanya diperuntukan untuk petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia, lampu warna merah untuk kendaraan emergency atau keadaan darurat, sedangkan lampu kuning diperuntukan kendaraan atau petugas di jalan-jalan tertentu, terutama di jalan tol, pelabuhan dan sebagainya.

“Dalam setiap kegiatan operasi bagi kendaraan yang menggunakan lampu biru atau strobo akan ditindak dengan tilang dan lampu dilepas disita oleh Petugas, hal ini untuk memberikan pembelajaran kepada warga masyarakat,” terangnya.

Selama bulan Juli sampai Oktober ini telah menertibkan rotator lampu biru atau sturbo sebanyak 56 unit, dan diamankan di Polres Magelang.

“Kepada masyarakat dihimbau tidak lagi menggunakan lampu strubo warna biru, karena lampu tersebut hanya dipergunakan oleh Polri, dan apabila di lingkungan masyarakat masih ada yang menggunakan, petugas akan melakukan tindakan dengan penilangan, dan lampu strobo akan disita,” terangnya.

 

[Tribratanews.com/Wahyu – Humas Polres Magelang]

Related Posts