Pradipta Rastra Gautama, Nama yang Diberikan Kapolda Bali untuk Peserta Didik SPN Singaraja

Tribratanews.com – Irjen Pol Dr Petrus Reinhard Golose, selaku Kapolda Bali, memimpin upacara pembukaan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri TA 2017/2018 di Lapangan Bhakti Sekolah Polisi Negara (SPN) Singaraja, Rabu (09-08-2017).

Upacara yang digelar secara serentak di seluruh lembaga pendidikan Polri ini juga dihadiri Ketua Bhayangkari Daerah Bali Ny Barbara Golose, Pejabat Utama Polda Bali, dan Tenaga Pendidik (Gadik) SPN Singaraja.

Kapolri Jenderal Polisi Drs H Muhammad Tito Karnavian MA, PhD, dalam amanatnya yang dibacakan Kapolda Bali, mengucapkan selamat atas keberhasilan para calon siswa Bintara Polri yang telah dinyatakan lulus seleksi dan ditetapkan menjadi peserta didik pada program pendidikan pembentukan Bintara Polri 2017/2018. Lembaga pendidikan Polri adalah tempat untuk mendidik, menempa, dan melatih calon anggota Polri agar menjadi insan Tribrata yang profesional, modern, dan terpercaya.

Realitas tantangan tugas ke depan harus mampu diatasi oleh institusi Polri agar stabilitas keamanan dalam negeri selalu terjaga. Untuk itu, Polri harus didukung oleh sumber daya manusia Polri yang profesional, berintegritas, dan mampu menguasai bidang tugasnya.

Kapolda Bali mengatakan penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan merupakan tahapan penting yang tidak dapat dipisahkan dari keseluruhan upaya pembinaan personel. Melalui optimalisasi seluruh komponen pendidikan, disertai desain kurikulum berbasis kompetensi, diharapkan dapat tercipta personel Polri yang berkualitas.

Program pendidikan yang diselenggarakan dapat menjadi media yang optimal dalam mentransfer pengetahuan dasar kepolisian, wawasan keilmuan, maupun pembinaan keterampilan khas Polri kepada seluruh peserta didik, agar output yang dihasilkan benar-benar memenuhi standar kualitas yang diharapkan.

“Saya meyakini, berbekal dengan tekad dan kemauan yang kuat serta motivasi yang tinggi, Saudara dapat melaksanakan tugas mulia ini dengan profesional dan penuh tanggung jawab,” ungkap Irjen Pol Petrus Reinhard Golose.

Selanjutnya Kapolda Bali berpesan kepada 224 calon Bintara Polri untuk mempersiapkan fisik dan mentalnya dalam mengikuti pendidikan ini. Selalu menanamkan semangat dan tekad yang kuat agar dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang ada, serta dapat menyelesaikan pendidikan dengan baik dan lancar.

Usai pembacaan amanat Kapolri, dilanjutkan dengan penyematan pangkat siswa kepada perwakilan siswa Bintara Polri yang telah ditunjuk. Di akhir upacara pembukaan pendidikan tersebut, Kapolda Bali memberikan nama detasemen siswa Bintara Polri SPN Singaraja ini dengan nama “Pradipta Rastra Gautama”, yang berarti menjadi polisi yang sempurna dan bercahaya.

[Tribratanews.com/Humas Polda Bali]

Related Posts