Polsek Palang Tuban Gerebek Kandang Kambing

Tribratanews.com – Anggota Polsek Palang, Polres Tuban gerebek lokasi pembuatan miras jenis arak yang berlokasi di kandang kambing yang berada di Desa Sumugung, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban.

Dari hasil pemeriksaan, hombe industri arak yang diketahui merupakan milik Hadi Suyanto (35), warga Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding itu, baru beroperasi sekitar 3 minggu. Adapun setiap hari pabrik Arak itu bisa memproduksi ratusan liter arak yang langsung diedarkan.

“Dari hasil pemeriksaan setiap hari rata-rata bisa produksi sekitar 450 liter Arak. Kalau dihitung-hitung omsetnya sekitar sebelas juta rupiah per hari,” terang AKP Simoen, Kapolsek Palang, Polres Tuban, Sabtu (30-09-2017).

Keberadaan pabrik arak tersebut terbilang memiliki kapasitas produksi yang besar. Pasalnya, dalam pengrebekan itu, polisi menemukan adanya barang bukti satu dandang besar yang mempunyai 6 saluran untuk mengeluarkan arak hasil penyulingan.

“Melihat modelnya ini, satu dandang ini kapastitasnya sama dengan tiga dandang yang dijadikan satu. Mungkin ini sengaja dibuat seperti ini biar menyulitkan petugas kalau mau menyita alatnya,” lanjutnya.

Keberadaan pabrik Arak bermodus Kandang Kambing yang tak jauh dari pemukiman penduduk tersebut disinyalir telah melakukan produksi Arak setiap hari. Namun, pemilik pabrik telah melakukan upaya supaya bau menyengat dari proses pembuatan Arak itu tidak terlalu tercium keluar.

“Tempatnya dibuat tertutup rapat dan ada tempat pembuangan khusus. Dia melakukan produksi setiap hari dan dilakukan pada siang hari,” kata AKP Simoen.

Seperti diberitakan sebelumnya, Polsek Palang mengrebekan pabrik Arak di Desa Sumurgung, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. Dalam penggrebekan itu petugas menyita belasan botol yang berisikan Miras Arak siap edar, ribuan liter bahan baku produksi Arak serta sejumlah peralatan produksi Arak itu. (mbah/bja)

 

 

[Tribratanews.com / Humas Polres Tuban – Polda Jatim]

Related Posts