Polsek Mentok Bangka Barat Pasang Spanduk Imbauan Larangan Membakar Lahan

Tribratanews.com – Maraknya peristiwa kebakaran lahan dan hutan yang kerap terjadi akhir-akhir ini di wilayah Mentok, Polsek Mentok, Polres Bangka Barat, Polda Kepulauan Bangka Belitung, pasang spanduk imbauan larangan membakar lahan kebun, hutan, lahan perkarangan, dan belukar, Rabu (09-08-2017).

Dampak kebakaran sudah pasti kerusakan lingkungan, terkait dengan hal tersebut Kapolsek Mentok Iptu Candra Wijaya SH, MH, seizin Kapolres Bangka Barat, melakukan pemasangan spanduk oleh Bhabinkamtibmas sekaligus menggandeng para tokoh masyarakat, pemuda dan adat untuk mencegah terjadinya kebakaran lahan dan hutan di wilayah hukum Polsek Mentok.

Sebelummnya Polres Babar juga bersama instansi terkait membantu memadamkan api yang terjadi di bebarapa lokasi di antranya lokasi Lapangan Tembak Polaris Senang Hati lebih kurang 2 hektare (alang dan belukar) kejadian Minggu tanggal 30 Juli 2017 pukul 13.30 WIB kegunaan lokasi yang dibakar lahan kosong milik Surya Kp Senang Hati Polres kordinasi dengan pemadam kebakaran pihak PT Timah dan Pemda.

Kedua di Jalan Raya Tanjung Kalian Luas kebakaran (hutan/lahan) lebih kurang 1 ha lahan alang hari Minggu tanggal 30 Juli 2017 pukul 18.30 WIB, tindakan yang dilakukan Polres Babar kordinasi dengan pemadam kebakaran pihak PT Timah dan Pemda.

Ketiga, dekat perumahan dinas Pemda Luas kebakaran (hutan/lahan) kurang lebih 1 ha, 3 Agustus 2017/Kamis/14.15 WIB, semak belukar, Polres koordinasi dengan pemadam kebakaran pihak Pemda.

Aksi Kapolsek Mentok dan seluruh personel Bhabinkamtibmas yang mereka lakukan yaitu pemasangan spanduk yang tertulis “Stop Kebakaran Hutan” untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan.

Selain itu Kapolsek juga menambahkan bahwa kegiatan pemasangan spanduk ini merupakan salah satu langkah awal pencegahan secara dini terhadap kebakaran hutan dan lahan yang kebanyakan disebabkan dari faktor kelalaian manusia itu sendiri.

[Tribratanews.com/Humas Polres Babar]

Related Posts