Polsek Ledo Bengkayang Musnahkan 40 Kg Daging Sapi Ilegal Asal India

Tribratanews.com – Kepolisian Sektor Ledo, Resor Bengkayang, Kalimantan Barat, dipimpin langsung Kapolsek Ipda Rio Charles Hutahaean SH, memusnahkan barang bukti daging sapi ilegal asal India seberat 40 kg, Rabu (04-10-2017).

Proses pemusnahan itu dilakukan setelah Polsek Ledo berkoordinasi dengan Karantina Pertanian wilayah Jagoi Babang, kemudian dipilih tempat pemusnahan di belakang Mapolsek Ledo, dengan disaksikan oleh tersangka H dan staf UPT Pertanian Kecamatan Ledo Edianto SP.

Sebelumnya, pada hari yang sama, Polsek ledo juga telah melimpahkan berkas perkara LP/52/A/X/2017 itu kepada petugas Penanggung Jawab Kantor Pertanian wilayah Jagoi Babang, Tohidin.

Penyelundupan daging ilegal asal India itu berhasil digagalkan Polsek Ledo bersama penyelundupan barang lainnya berupa puluhan botol dan kaleng minuman beralkohol asal Malaysia pada Minggu (01-10-2017) lalu.

Minggu siang sekira pukul 15.00 WIB, di depan Mapolsek Ledo di Dusun Ledo Desa Lesaela Kecamatan Ledo, petugas berhasil mengamankan satu unit sepeda motor Honda Vario putih dengan Nopol KB 2168 KU berikut pengendaranya.

Diketahui identitas pengendara sesuai di dalam kartu identitas berinisial H (44 tahun), warga Desa Magmagan Karya, Lumar, membawa 40 Kg daging sapi merek Mombai India dalam bungkusan dan dus.

Tak berselang lama, sekitar pukul 15.00 WIB, kembali anggota Polsek Ledo mengamankan satu unit dump truk warna putih bernopol KB 9870 PB. Truk tersebut, yang dikendarai T (34), warga Dusun Tebuah Elok Kecamatan Subah Kabupaten Sambas, membawa 24 botol mimuman beralkohol merek Benson dan 8 krat minuman merek Dester asal Malaysia.

Menurut Ipda Rio Charles Hutahaean, kedua tersangka telah diamankan untuk proses lebih lanjut, dan terancam melanggar Undang-undang RI Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dan Pasal 8 UU No 8/1999 tentang Perlindungan Konsumen. (Hendra)

[Tribratanews.com/Humas Polsek Ledo]

Related Posts