Polsek Juwana Turut Perkuat Kebhinnekaan Lewat Dialog Lintas Agama

Tribratanews.com – Bertempat di Kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama tepatnya di depan SMA N 1 Juwana turut Desa Dukutalit kecamatan Juwana Pati dilaksanakan kegiatan Sarasehan / Dialog Lintas Agama dan Golongan guna membentuk Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kecamatan Juwana Pati, Jawa Tengah, Selasa (10-10-2017).

Sarasehan / Dialog Lintas Agama dan Golongan di Juwana memperkuat kebhinnekaan lewat dialog tokoh masyarakat lintas agama dengan Tema “Menumbuhkan Toleransi Antar Umat Beragama dan Menolak Gerakan Intoleran”.

“Kegiatan ini sebagai bentuk silahturahmi bagi semua tokoh di Juwana tujuan kami sebagai pemuda ansor kaitannya keprihatinan akhir-akhir ini melihat kebhinekaan yang agak terganggu kami harapkan keakraban antar umat beragama di Juwana terjalin, NKRI harga Mati! ,” kata Ketua Panitia H Muhamad Sutomo.

Tokoh Lintas Agama Kecataman Juwana telah sepakat untuk membentuk FKUB (Forum Kerukunan Antar Umat Beragama) kecamatan Juwana yang pembentukan panitia akan bentuk di Pendopo Juwana.

Dengan adanya upaya ini, peran dan fungsi FKUB di Juwana sebagai wahana komunikasi, interaksi antar-umat beragama dalam memberikan multitafsir pemahaman masing-masing untuk semakin memperkokoh rasa persaudaraan.

“Di Indonesia sangatlah sejahtera tapi saat ini lagi terusik oleh kelompok Radikalisme yang ingin memecah bangsa oleh karena itu tokoh-tokoh agama memberikan pemahanan untuk kerukunan antar umat beragama, NU telah proaktif untuk hal- hal yang positif dan menolak hal-hal yang Negatif dan di Juwana adalah tolak ukur kabupaten Pati mulai hari ini kita bentuk forum Kerukunan antar umat beragama,” ujar Ketua Majelis wakil cabang NU KH Udin Abdilah.

Sementara itu, Kanit Binmas Ipda Handoyo mewakili Kapolsek Juwana mengatakan, kalau kita semuanya mempunyai jiwa kemanusiaan Indonesia akan kuat dan tidak akan dimasuki faham-faham yang yang menyimpang.

“Ciptakan situasi damai untuk menjalankan keyakinan beribadah bagi semua umat beragama karena setiap warga di indonesia memiliki hak dan kewajiban untuk menekuni agama yang diyakini,” katanya.

Acara itu dihadiri Ketua Majelis wakil cabang NU KH Udin Abdilah, Kapolsek Juwana yang diwakili oleh Kanit Binmas Polsek Juwana Ipda Handoyo, Para Pemuda Ansor dan Banser serta tokoh Lintas Agama dan Aliran Kepercayaan se-Kecamatan Juwana.

 

[Tribratanews.com/Humas Polres Pati]

Related Posts