Polsek Caringin Sukabumi Tangkap Pelaku Penipuan dengan Mengaku Petugas PKH

Tribratanews.com – Polsek Caringin Resor Bogor, Jawa Barat, mengamankan seorang pelaku yang diduga melakukan penipuan di Kampung Bobojong, Desa Caringin, Senin (24-07-2017).

Kronologi berawal korban kedatangan tamu laki-laki tak dikenal mengaku-ngaku bernama Budi. Pelaku datang ke rumah korban bernama saudari Yayat sebagai petugas Program Keluarga Harapan (PKH) kecamatan yang bisa dapat mendaftarkan bantuan tersebut.

Pelaku berjanji terhadap korban untuk mendaftarkan namanya sebagai peserta program PKH. Kemudian dari sanalah pelaku meminta uang Rp600 ribu sebagi biaya administrasi untuk mendaftar. Akan tetapi korban pada waktu itu menolak karena biaya sangat mahal, kemudian pelaku meminta uang setengahnya dahulu kepada korban yang mana sisanya pelaku akan talangi.

Karena merasa percaya dan yakin terhadap pelaku, akhirnya korban memberikan uang Rp400 ribu kepada pelaku dan setelah itu pelaku meminta buku nikah sebagi persyaratan untuk administrasi dan korban pun memberikanya. Setelah mendapatkan uang dan buku nikah pelaku langsung pergi.

Namun setelah itu korban merasa aneh dan pada waktu itu korban sempat tanya-tanya kepada warga yang sudah mendapatkan dana tersebut namun setelah ditanya untuk hal tersebut tidak minta buku nikah cukup hanya foto copy KTP dan KK. Dari sanalah korban merasa curiga bahwa menjadi korban penipuan.

Adapun barang bukti yang diamankan dari tangan pelaku berinisial M (42) antara lain buku nikah milik Yayat Solihat, uang Rp400 ribu. Pelaku yang diamankan di Polsek Caringin ternyata telah berkali-kali melakukan penipuan.

Banyak warga yang menjadi korbanya, untuk wilayah Caringin yang baru terdata sebanyak 3 rang dan masih banyak lagi korban yang berdatangan tidak menuntut kemungkinan dari wilayah kecamatan yang lainya.

Berikut data korban dari dari dinas sosial kabupaten yakni Adelia (33) warga Kampung Cileles, Desa Cijengkol, Kecamatan Caringin, kerugian Rp400 ribu kejadian pada bulan Juni. Korban kedua, Nimah (37), warga Kampung Cijengkol Desa Cijengkol, Kecamatan Caringin, kerugian Rp500 ribu, kejadian pada bulan Juni.

[Tribratanews.com/Humas Polres Sukabumi]

Like
LikeLoveHahaWowSadAngry

Related Posts