Polres Temanggung Gelar Upacara Pembukaan Diklat Satpam Gada Pratama

Tribratanews.com – Polres Temanggung, Jawa Tengah, menggelar upacara pembukaan pendidikan dan pelatihan (Diklat) Satpam Gada Pratama BUJP PT Garda Total Scurity tahun 2017, di halaman BLK (Balai Latihan Kerja) Maron Temanggung, Senin (09-10-2017).

Waka Polres Temanggung Kompol Dax Emmanuelle mengatakan, bahwa Polri sebagai inti pembina keamanan dan ketertiban masyarakat serta aparat penegak hukum, bertugas dan bertanggung jawab untuk melakukan pembinaan terhadap potensi keamanan dan ketertiban masyarakat lainnya.

Namun menurutnya, tugas-tugas tersebut tidak akan dapat dilaksanakan dengan baik tanpa dukungan dan bantuan dari segenap masyarakat.

“Tugas Polri dibantu oleh bentuk-bentuk pengamanan swakarsa termasuk didalamnya adalah satpam,” terang Dax saat menjadi inspektur upacara.

Dikatakan Dax, peran strategis satpam terkait erat dengan kemampuan daya saing produksi kita pada pasar gobal serta industrial security yang merupakan salah satu komponen dasar perlindungan terhadap instalasi, sumberdaya manusia, utility, materiil dan informasi yang sangat rahasia berkaitan dengan industri / perusahaan dalam rangka mencegah terjadinya kejahatan, kerugian dan kerusakan.

Ia berujar, dengan memberi pengetahuan dan ketrampilan yang cukup, diharapkan para peserta dalam melaksanakan tugas dapat berhasil dengan baik, disamping memiliki kualitas fisik, mental dan disiplin serta loyalitas yang tinggi dalam melaksanakan tugas, juga menguasai taktik dan tehnik pengamanan lingkungan atau kawasan kerjanya.

“Dengan adanya sistem manajemen pengamanan yang baik, dimulai dari program pendidikan, pembinaan dan pelatihan yang bertahap dan berkelanjutan, maka personil satpam yang memiliki disiplin tinggi, berkemampuan dan memiliki keterampilan perorangan yang cukup sebagai bekal dalam melaksanakan tugasnya dilapangan,” ujar Wakapolres Temanggung.

Sementara itu, Kasat Binmas Polres Temanggung AKP Abu Dardak selaku ketua pelaksana kegiatan, menyampaikan, dalam diklat satpam kali ini, lama pendidikan 20 hari dimulai dari tanggal 5 Oktober 2017 sampai dengan 25 Oktober 2017. Sedangkan peserta diksar sebanyak 208 orang, terdiri dari 20 perempuan dan 108 laki-laki yang berasal dari Kabupaten Temanggung.

Turut hadir pada acara tersebut, pejabat utama Polres Temanggung, Kapolsek jajaran dan para pimpinan perusahaan pengguna satpam.

 

[Tribratanews.com/Humas Polres Temanggung]

Related Posts