Polres Purbalingga Tangkap Komplotan Pembobol ATM di Bandung

Tribratanews.com – Polres Purbalingga, Jawa Tengah, berhasil menangkap 4 pelaku sindikat pembobol Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Mereka ditangkap di wilayah Bandung, Jawa Barat, sepekan yang lalu.

Empat pelaku yang diamankan yaitu AFR (37) dan IS (31) warga Lampung, ADS (35) warga Kabupaten Bandung Jawa Barat, dan HM (32) warga Banten.

Kapolres Purbalingga AKBP Nugroho Agus Setyawan SIK, MH dalam press release, Kamis (27-07-2017) mengungkapkan bahwa modus yang dilakukan pelaku adalah dengan mengganjal mesin ATM dengan korek api atau tusuk gigi.

Setelah ATM macet dan korban pergi, para pelaku kemudian memanfaatkan kesempatan untuk menguras isinya baik tunai maupun transfer.

Dalam aksinya mereka membagi tugas, ada yang mengintip nomor PIN korban dan ada yang mengawasi situasi sekitar. Dan Melakukan aksi menguras ATM milik korban yang sudah ditinggal.

“Mereka mengaku sudah beraksi di ratusan mesin ATM di seluruh Indonesia. Sedangkan di wilayah Purbalingga pelaku melakukan aksinya di dua lokasi berbeda. Salah satunya di ATM yang ada dekat mini market wilayah Kelurahan Kedungmenjangan, Purbalingga, pada Rabu (19-07-2017),” jelas Kapolres.

Dari para pelaku diamankan barang bukti kejahatan berupa empat dus kecil korek api kayu, satu bungkus tusuk gigi, satu buah tang, satu buah cutter, satu buah lem, satu buah obeng. Selain itu, diamankan juga satu mobil Toyota Calya warna putih dengan Nomor Polisi D 1522 SAC yang dijadikan kendaraan saat beraksi.

Kapolres menambahkan, bahwa sindikat ini berjumlah lima orang. Sementara ini baru berhasil diamankan empat orang. Untuk satu pelaku lainnya masih dalam pengejaran karena kabur sebelum ditangkap. Satu orang yang masih dalam pencarian berinisial AN (40) warga Lampung.

“Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, para pelaku dikenakan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Ancaman hukuman pasal ini maksimal tujuh tahun penjara,” pungkas Kapolres.

 

[Tribratanews.com/Humas Polres Pubalingga]

Like
LikeLoveHahaWowSadAngry

Related Posts