Polres Purbalingga Siapkan Personel Tanggap Bencana dan Cek Peralatan SAR

Tribratanews.com – Hujan deras yang turun terus-menerus dalam beberapa hari terakhir membuat beberapa kejadian tanah longsor menimpa sejumlah lokasi di Purbalingga. Hal ini menjadi perhatian sendiri Polres Pubalingga untuk menyiapkan personel dan peralatan sebagai upaya tanggap bencana.

“Polres Purbalingga sudah membentuk empat pleton yang ditugaskan sebagai personel siaga bencana. Dimana mereka siap digerakkan untuk melakukan kegiatan penanggulangan bencana apabila terjadi bencana alam,” ucap Kabag Ops AKP Herman Setiono dalam apel pagi, Selasa (17-10-2017).

Kabag Ops menambahkan, personel yang dilibatkan dalam pleton siaga bencana merupakan personel gabungan dari berbagai fungsi yang ada di Polres Purbalingga. Dengan adanya pleton siaga bencana diharapkan mampu merespons cepat setiap kejadian bencana alam yang terjadi di wilayah Purbalingga.

Sementara itu, untuk mendukung kesiapan dalam penanggulangan bencana, selesai apel pagi Kasat Sabhara Polres Pubalingga melaksanakan pemeriksaan perlengkapan search and rescue (SAR) yang dimiliki. Sejumlah peralatan seperti perahu karet, dayung, rompi pelampung, tali, dan gergaji mesin diperiksa jumlah dan fungsinya.

Kasat Sabhara Polres Purbalingga AKP Suswanto mengatakan bahwa pengecekan peralatan SAR sebagai bagian dari kesiapan Polres Pubalingga dalam penanggulangan bencana. Alat tersebut dilakukan pemeriksaan agar siap saat digunakan apabila terjadi bencana alam.

“Perahu karet dan pelampung disiapkan apabila terjadi bencana alam berupa banjir. Selain itu alat khusus seperti gergaji mesin dapat digunakan untuk mengevakuasi pohon tumbang,” jelasnya.

Kasat Sabhara menambahkan dengan kesiapan alat dan personel diharapkan mampu mendukung kecepatan dalam penanggulangan bencana. Sehingga mampu memberikan bantuan dan penanganan yang maksimal apabila terjadi bencana alam.

[Tribratanews.com/Humas Polres Purbalingga]

Related Posts