Polres Majalengka Kukuhkan Kenaikan Tingkat Anggota PKS

Tribratanews.com – Ratusan anggota Patroli Keamanan Sekolah (PKS) dari berbagai siswa/siswi tingkat SMP, SMA atau sederajat se-Kabupaten Majalengka, mendapat kenaikan tingkat dari tingkat balok satu ke tingkat balok dua atau dari Muda ke Madya, Minggu (27-08-2017).

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama satu hari penuh dan dikukuhkan di Lapangan Bungur Babakan Jawa Majalengka dan dilanjutkan ke Gunung Batu Majalengka, dengan diberikan berbagai materi dan perlombaan oleh Kepolisian Dikyasa Lantas Polres Majalengka.

Kasat Lantas Polres Majalengka, AKP Iwan Setiawan didampingi Kanit Dikyasa Lantas, Iptu Y Rusyanto, mengatakan kegiatan kenaikan tingkat ini digelar untuk meningkatkan wawasan materi, baik tentang keselamatan berlalu lintas maupun cara mengantisipasi kenakalan remaja lainnya, sehingga diharapkan para anggota PKS yang mendapat kenaikan tingkat ini, nantinya dapat menularkan kepada murid lainnya yang berada di sekolahnya masing-masing.

“Anggota PKS yang mendapat kenaikan tingkat ini, nantinya diharapkan dapat membina maupun mengajari para anggota PKS yang baru atau kepada siswa/siswi lainya di masing-masing sekolahnya, untuk membantu menjaga Keamanan, Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di lingkungan sekolah,” kata Kasat Lantas.

Menurut AKP Iwan, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa kepedulian para pelajar dalam etika berlalu lintas yang berhubungan dengan hal-hal keselamatan di jalan raya dan membudayakan tertib berlalu lintas melalui pembinaan PKS di setiap SMP/MTS, SMA/SMK.

Selain itu, kegiatan yang dilakukan ini merupakan bagian dari bentuk sosialisasi, implementasi serta program pelopor keselamatan berlalu lintas menuju tertib bersatu nomer satu.

“Ini merupakan pendidikan kepada generasi penerus bangsa agar mereka tertib, etika dan disiplin dalam berlalu lintas. Kegitan ini juga sekaligus dalam rangka kampanye tahun keselamatan untuk kemanusian,” jelas AKP Iwan.

Kasat lantas berharap dengan kegiatan ini para pelajar khususnya para PKS nantinya bisa menjadi duta tertib berlalu lintas dijalan raya sehingga menjadi tauladan bagi pengguna jalan lainnya.

 

[Tribratanews.com/Humas Polres Majalengka]

Related Posts