Polres Gunungkidul Ringkus Komplotan Spesialis Pembobol ATM

Tribratanews.com – Komplotan spesialis pembobol ATM Indomaret di Siyono, Logandeng, Playen, pada 17 Juli 2017 lalu, berhasil ditangkap satgas gabungan Polres Gunungkidul, Jatanras Polda DIY, Inteltek Dit Intelkam Polda DIY, Opsnal Polresta Yogyakarta dan Opsnal Polres Bantul.

Kapolres Gunungkidul AKBP Muhammad Arif Sugiarto SIK, MPP, menjelaskan pengungkapan terduga pelaku kasus curat ATM Siyono dilakukan satgas gabungan melalui kerja keras hampir satu bulan.

“Alhamdulillah pada hari Rabu 9 Agustus 2017 berhasil menangkap yang diduga pelaku curat ATM di beberapa kota besar metropolitan dan Jawa Tengah,” ujarnya, Jumat (11-08-2017).

AKBP Muhammad Arif Sugiarto mengatakan, para terduga yang ditangkap di Solo Jateng berinisial SUM (53) berperan sebagai pengemudi dan mengawasi situsi, RF (37) berperan membuat sket/menggambar lokasi sasaran dan mengawasi situasi serta AM (46) berperan menggambar sasaran dan mengawasi.

Sementara itu dua pelaku lainnya ditangkap di tempat terpisah yakni MJS (30) ditangkap di Tegal Jawa Tengah, berperan sebagai eksekutor box ATM serta RUS (48) ditangkap di Tanah Abang Jakarta Pusat, berperan eksekutor box ATM.

Barang bukti yang berhasil diamankan petugas dari para pelaku antara lain 1 unit mobil Nissan Xtrail B 2388 NJ, 1 unit motor Yamaha Vixon AD 6717 IS dan beberapa alat untuk aksi kejahatan antara lain besi berbagai ukuran, sebo dan sarung tangan.

Kelima terduga curat ATM Siyono disangkakan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara dan kasusnya masih dikembangkan Satgas gabungan Polda DIY.

Kapolres mengimbau kepada pemilik minimarket, perkantoran maupun perbankan yang menyediakan layanan ATM untuk menambah sistem pengamananya, sehingga sulit untuk dibobol.

[Tribratanews.com/Humas Polres Gunungkidul]

Related Posts