Polres Cirebon Siap Gelar Operasi Patuh Lodaya 2018

Tribratanews.com- Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto SIK memimpin apel Operasi Patuh Lodaya 2018 di Mapolres Cirebon, Kamis (26-04-2018).

Apel tersebut diikuti oleh unsur Forkopinda Kabupaten Cirebon, Pasi Ops POM III/3, Perwakilan Dishub dan Jasa Raharja, PJU Polres Cirebon, Kapolsek jajaran.

Sementara peserta apel terdiri dari Pleton gabungan POM AD dan Provost Polres, Pleton Kodim 0620 Kabupaten Cirebon, Pleton Sat Sabhara Polres Cirebon, Pleton Sat Lantas Polres Cirebon, Pleton Polwan Polres Cirebon, Pleton, Pleton gabungan Polsek jajaran, Pleton Dishub Kabupaten Cirebon dan Pleton Satpol PP serta Pleton Ranmor R4 dan R2.

Pada kesempatan tersebut Kapolres Cirebon membacakan amanat Kakorlantas Polri Irjen Pol Drs Royke Lumowa diantaranya yaitu sesuai amanat UU no 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan angkutan jalan kita diharapkan.

Yaitu mewuudkan dan memelihara keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas (Kamseltibcarlantas), meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lantas, membangun budaya tertib belalu lintas, dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik.

Berdasarkan program Decade Of Action For Road Safety 2011 – 2020 yang dicanangkan oleh PBB memiliki rencana umum nasional keselamatan ( Runk ) melalui 5 pilar yaitu manajemen kesealamatan jalan, jalan yang berkeselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan, dan penanganan korban pasca kecelakaan.

Adapun prioritas operasi Patuh Lodaya 2018 adalah pengemnudi menggunakan HP, pengemudi melawan arus, pengemudi R2 berboncengan lebih dari satu, pengemudi dibawah Umur, pengemudi/penumpang tidak pakai helm SNI, pengemudi menggunakan Narkoba/Miras, pengemudi berkendara melebihi batas kecepatan.

Menutup amanatnya Kakorlantas menekankan selama pelaksanaan operasi patuh agar anggota memanjatkan doa sebelum bertugas, utamakan faktor keamanan dan pedomani SOP, hindari pungli, lakukan tugas dengan baik.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan penyematan pita Operasi oleh Kapolres Cirebon tanda dimulainya pelaksanaan Operasi yang akan berlangsung selama 14 hari terhitung dari 26 April hingga 09 Mei 2018.

(Tribratanews.com)

Related Posts