Polisi Tangkap Seorang Pria yang Produksi Merkuri di Sukabumi

Tribratanews.com – Sat Reskrim Polres Sukabumi, Jawa Barat, mengamankan pelaku pengolahan mercuri di Kampung Cileuleuy, Desa Sukatani, Kecamatan Parakansalak, Selasa (22-08-2017).

Penangkapan pelaku berinisial OS berawal dari adanya laporan warga terkait adanya kegiatan pembakaran atau produksi merkuri yang dilakukan oleh pelaku di rumahnya.

Selanjutnya petugas Unit Tipidter dan anggota Buser Sat Reskrim mendatangi lokasi pengolahan merkuri tersebut dan didapatkan benar adanya kegiatan pembakaran/ pengolahan mercuri/quik yang dilakukan oleh pelaku.

Selain pelaku, petugas juga melakukan pemeriksaan terhadap dua pekerja inisial U dan Y. Dari hasil penggeledahan di rumah pelaku, petugas mengamankan 5 buah tabung ukuran 5 kg yang digunakan untuk pembakaran, 1 buah tabung ukuran 3 kg, 1 jerigen berisikan 2 kg merkuri hasil olahan, 1 karung berisikan kapur putih, 1 karung berisi serbuk besi, 1 karung berisi bahan baku batu sinabar yang sudah dihaluskan, 1 buah corong plastik, 2 ember plastik, 1 buah timbanga, 1 karung kayu bakar dan 1 alat tumbuk.

Pelaku diamankan lantaran melanggar aturan sebagaimana diatur dalam pasal 161 UU RI nomor 4 tahun 2009 tentang Minerba dan atau Pasal 109 UU RI nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

 

[Tribratanews.com/Humas Polres Sukabumi]

Related Posts