Polisi Tangkap 4 Pembobol ATM Modus Ganjal Tusuk Gigi

Tribratanews.com – Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Selatan berhasil mengamankan empat tersangka pelaku pembobolan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dengan modus ganjal tusuk gigi. Keempatnya masing-masing adalah MD (43 tahub), BS (41), D (41), dan S (40).

“Keempatnya ditangkap di tempat persembunyiannya di kawasan Tangerang, Banten, dan Tol Cikarang,” terang Kasat Reskrim Polrestro Jakarta Selatan, AKBP Bismo Teguh Prakoso, kepada wartawan, Sabtu (07-10-2017).

AKBP Bismo menambahkan, pelaku ditangkap usai beraksi di minimarket di daerah Tebet, Jakarta Selatan. Dalam aksinya pelaku berpura-pura mengajak ngobrol korbannya saat kartu ATM tertelan.

“Saat korban memasukkan kartu ATM, ATM milik korban tidak bisa masuk terganjal,” imbuh AKBP Bismo.

Pelaku saat itu pura-pura membantu. Mereka kemudian meminta PIN milik korban dengan dalih agar kartu dapat diblokir.

“Lalu datang seseorang membantu menolong dan menarik kartu ATM asli dengan yang palsu. Salah satu pelaku mengajak ngobrol untuk memberi tahu PIN-nya,” jelas AKBP Bismo.

Setelah korban pergi, kartu ATM yang terganjal dengan tusukan gigi oleh pelaku dikeluarkan dari mesin, dan kembali dimasukan untuk menguras langsung menguras uang milik korban sebesar Rp30 juta.

“Korban langsung melapor ke polisi. Setelah laporan diterima, kami langsung melakukan penyelidikan dengan melakukan pemeriksaan CCTV yang ada di lokasi,” ungkap AKBP Bismo.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara.

[Tribratanews.com/Humas Polda Metro Jaya]

Related Posts