Polisi Sumatera Selatan Beri Pengawalan Ketat pada Terpidana Terorisme


Tribratanews.com – Pengawalan Ketat dari aparat kepolisian Polda Sumatera Selatan, bersenjata lengkap dalam mengawal narapidana terkait terorisme pada perampokan Bank CIMB Niaga 2010 lalu di Medan berjalan lancar, Senin (24-07-2017).

Terpidana terorisme AR (35), ditempatkan pada Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Klas IIB Sekayu dalam menjalani masa hukumannya.

Kepala Lapas Kelas II B Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, Herunandi, mengatakan terkait terpidana teroris pada perampokan Bank CIMB Niaga Provinsi Sumsel terpilih untuk menempatkan ketiga narapidana.

Pemindahan dilakukan sistem acak bagi para pelaku terorisme, dimana Sumsel terdapat tiga daerah yakni Lapas Muaraenim, Tanjung Raja dan Sekayu. Penentuan penempatan itu wewenang dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), jadi kita harus menerima, kata Heru.

Menurutnya Lapas Sekayu tidak memiliki Blok khusus bagi terorisme, hanya ada Blok security tambahan. Blok tersebut sudah ada beberapa orang, jadi nantinya terpidana terorisme ini akan digabung dengan napi lainnya.

Walaupun ia bersama napi lainnya, tetapi kita tetap memberikan perhatian dan pengawasan khusus bagi narapidana terorisme itu, ujarnya.

Agar terpidana terorisme tersebut tidak menyebarkan paham radikalisme pihaknya sudah mengantisipasi dan mengambil tindakan dengan memantau ruang gerak terpidana tersebut.

Kalau tidak salah vonisnya lima tahun, dan ia bukan orang Mubatapi orang Medan lahir di Medan besar-besarnya di Padang.

“Jadi boleh dikatakan campuran, yang jelas kita akan lakukan pemutihan sesuai dengan instruksi Kemenkumham,” jelasnya.

Sementara, Kapolres Muba, AKBP Rahmat Hakim SIk, menambahkan, pihaknya telah melakukan pengawalan terhadap narapidana melalui jalur darat dibantu dengan personel Brimob. Pengawalan pemindahan dari Palembang menuju Sekayu berjalan dengan aman, tim khusus telah kita tempatkan selama perjalanan, kita juga telah berkoordinasi dengan pihak Lapas jika membutuhkan pengamanan kita siap.

[Tribratanews.com-Humas Polda Sumsel]

Related Posts