Polisi Duga WNA Tiongkok Pelaku Penipuan Cyber Crime Masuk ke Indonesia Melalui Beberapa Kota

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono

Tribratanews.com- Kepolisian Daerah Metro Jaya masih mendalami kasus penipuan Cyber Crime yang melibatkan puluhan Warga Negara Asing(WNA) Tiongkok. Saat ini polisi tengah mencari Paspor WNA Tiongkok yang ditangkap di Bali, Jakarta dan Surabaya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Argo menegaskan, pelaku masuk ke Indonesia tidak secara waktu yang bersamaan.

‎”Ini kan masuknya tak bersamaan, mulai Januari, Februari dan Maret,” kata Kombes Argo di Jakarta, Senin (31-7-2017).

Kombes Argo menjelaskan, setibanya di Indonesia, para WNA ini ditampung dalam suatu lokasi. Hingga akhirnya mereka disebar di tiga lokasi yang berbeda untuk melakukan penipuan dengan cara mengaku sebagai Jaksa, Polisi dan lainnya.

“Kalau kesini dia sendiri kan nggak tau, makanya masuknya bersama-sama,” ujarnya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono menegaskan pengungkapan kasus penipuan uang dilakukan oleh WNA Asal Tiongkok berkat kerjasama kepolisian Cina. Para pelaku merupakan jaringan internasional.

Pasalnya, dalam pengungkapan itu, pihaknya bekerjasama dengan kepolisian Tiongkok.

“Kami bekerjasama dengan Kepolisian Tiongkok, disana kejadian penipuan seperti ini adalah kasus yang menonjol,” tutur Kombes Argo.

Oleh karena itu, kepolisian Tiongkok mencoba memberantas kasus penipuan dengan cara bekerjasama dengan kepolisian negara tetangga.

“Mereka memberikan informasi ke Kepolisian Indonesia bahwa ada warga negaranya yang melakukan tindak pidana disini,” tutur Kombes Argo.

Informasi itu pun langsung ditindaklanjuti dan diselidiki kebenarannya. Setelah semua dinyatakan lengkap untuk digerebek, maka pihaknya pun melakukan penggerebekan di tiga daerah berbeda yakni Jakarta, Surabaya dan Bali.

“Sehingga kemarin Tim Khusus dari Mabes Polri langsung menangkap. Mudah-mudahan yang dari Bali sore ini langsung datang ke Jakarta. Karena kemarin dari Surabaya jam 16.00 WIB sampai Jakarta,” ujar Kombes Argo.

Kabarnya para pelaku akan tiba di Jakarta sekitar pukul 14.30WIB dan bakal dikumpulkan di Polda Metro Jaya untuk dilakukan pemeriksaan lebih mendalam.

Sebelumnya diketahui, polisi menggerebek rumah mewah di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, pada Sabtu (29/7/2017). Rumah mewah itu dijadikan lokasi penipuan terhadap korban yang tersandung masalah hukum.

 

[Tribratanews.com]

Related Posts