Polda Kaltim Sosialisasi Tentang Gratifikasi di Polres Kukar

 

Tribratanews.com – Kepolisian Daerah Kalimantan Timur memberikan sosialisasi tentang pelaksanaan dan pengendalian gratifikasi kepada personel Polres Kutai Kartanegara yang dilaksanakan di Ruang Catur Prasetya Lantai 3 Polres Kutai Kartanegara, pada Senin (19-03-2018) sekira pukul 09.00 WITA.

Kegiatan sosialisasi yang dihadiri sekitar 70 personel tersebut, dibuka oleh Waka Polres Kukar Kompol Andre Anas, S.IK. Pada kesempatan itu ia menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim Sosialisasi Pelaksanaan Dan Pengendalian Gratifikasi dari Polda Kaltim.

Kemudian kepada seluruh anggota Polres Kukar dan Polsek Jajaran ia mengimbau agar kegiatan sosialisasi tersebut diikuti dengan serius sehingga dapat memahami terkait permasalahan gratifikasi.

Ketuai sosialisasi Kompol Panijo, selaku anggota Krimsus Polda Kaltim dalam kegiatan itu menyampaikam tentang, dasar hukum pelaksanaan dan pengendalian gratifikasi, arahan Kapolri terkait tujuan, latar belakang permasalahan dan bentuk-bentuk gatifikasi, kemudian tentang pencegahan korupsi dan gratifikasi, tindakan preventif, pedoman pegawai negeri pada Polri, serta tentang kepemilikan barang yang tergolong mewah oleh pegawai negeri pada Kepolisian RI, dan usaha bagi anggota Kepolisian RI.

Ia melanjutkan, sosialisasi ini dilaksanakan bertujuan untuk mendorong terwujudnya pegawai negeri pada Kepolisian Negara Republik Indonesia yang profesional, berintegritas, berperilaku dan berbudaya anti korupsi.

Menurutnya, pemahaman, pengetahuan atas gratifikasi merupakan hal yang sangat penting dimiliki oleh pegawai negeri pada Polri selaku aparat Negara yang memiliki tugas memelihara keamanan, ketertiban masyarakat serta penegakan hukum.

“Untuk dapat mengambil tindakan pencegahan sedini mungkin sebelum timbulnya tindak pidana korupsi sebagai akibat dari gratifikasi tersebut.” ucap Kompol Panijo bersama tim.

Kompol Panijo SH, berharap, dengan diberikannya sosialiasi itu, angota Polres Kukar dapat meningkatkan profesionalisme sesuai dengan tugas pokoknya sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

Pada kegiatan itu nampak hadir, Kompol Kemis (Kabag Sumda Polres Kukar) Kompol Panijo, SH (Krimsus Polda Kaltim) selaku ketua tim dan rombongan, Kapolsek dan perwakilam anggota Polsek jajaran Polres Kukar, dan erwira serta anggota Polres Kukar sebanyak kurang lebih dari 70 orang.

(humas polres kukar)

Related Posts