Pinjam Motor Tak Dikembalikan, Pria Ini Diamankan Polsek Kalimanah Purbalingga

Tribratanews.com – Unit Reskrim Polsek Kalimanah Resor Purbalingga, Jawa Tengah, berhasil menangkap pelaku penipuan dan penggelepan satu unit sepeda motor. Pelaku berinisial YA (38) diamankan di rumahnya Desa Kalimanah Wetan, Kecamatan Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Senin (14-08-2017).

Kapolsek Kalimanah AKP Jaenul Arifin saat memberikan konfirmasi, Selasa (15-08-2017) mengatakan bahwa kejadian ini bermula dari laporan korban bernama Riyan Sumarlin (28), warga Desa Kalimanah Wetan, Kecamatan Kalimanah, yang mengaku kehilangan sepeda motor miliknya. Sepeda motor dipinjam YA, namun tidak dikembalikan. Peristiwa tersebut terjadi pada sekitar bulan Februari 2017.

Sampai dengan bulan Juli 2017 sepeda motor belum juga dikembalikan. Sedangkan pelaku dicari tidak ketemu karena tidak pernah berada di rumah. Selanjutnya korban melaporkan kejadian ke Polsek Kalimanah.

“Modus yang dilakukan pelaku yaitu meminjam sepeda motor korban dengan alasan untuk berangkat kerja di Purwokerto. Namun setelah ditunggu, sepeda motor tidak dikembalikan dan dibawa kabur pelaku,” kata Kapolsek.

Berdasarkan laporan korban, Unit Reskrim Polsek Kalimanah kemudian melakukan penyelidikan. Pada saat pelaku diketahui pulang ke rumah, anggota langsung bergerak cepat mengamankan pelakunya. Pelaku berhasil diamankan tanpa perlawanan, namun sepeda motor tidak ditemukan.

Berdasarkan keterangan pelaku, sepeda motor korban telah digadaikan di wilayah Purwokerto Kulon, Kabupaten Banyumas. Sepeda motor tersebut digadaikan seharga Rp1,5 juta. Selanjutnya petugas melacak keberadaan sepeda motor dan berhasil ditemukan.

Petugas kemudian mengamankan sepeda motor jenis Yamaha Jupiter bernomor polisi R 5251 NC, milik korban. Selain itu STNK sepeda motor yang ikut dibawa kabur pelaku juga berhasil ditemukan.

“Tersangka masih diperiksa secara intensif di Polsek Kalimanah. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka dikenakan pasal 372 KUHP jo 378 KUHP tentang penipuan dan atau penggelapan,” jelas Kapolsek.

 

[Tribratanews.com/Humas Polres Pubalingga]

Related Posts