Pesan Brigadir Sutrisno kepada Kepala Gudang Bahan Peledak

Tribratanews.com – Bahan peledak merupakan barang yang sangat berbahaya dan rawan, sehingga untuk kepentingan keamanan dan ketertiban penggunaan bahan peledak komersial diperlukan adanya pengawasan dan pengendalian secara khusus.

Hal itu seperti yang dilakukan oleh personel Satuan Intelkam Polres Kotabaru terhadap para pengguna akhir di wilayah hukum Polres Kotabaru yang ada beberapa perusahaan pengguna akhir yang menggunakan bahan peledak komersial untuk menunjang kegiatan pertambangan, Rabu (11-10-2017).

“Jangan sampai bahan ini hilang, dicuri, ini akibatnya sangat fatal,” kata Brigadir Sutrisno kepada kepala gudang handak salah satu pengguna akhir di wilayah Kotabaru.

Menurut dia, semua pihak yang terlibat baik kepala gudang handak dan petugas gudang agar memenuhi aturan yang ada. Hal yang perlu diperhatikan adalah salah satunya menjaga peledak di gudang.

Brigadir Trisno mengajak agar petugas gudang bahan peledak bisa peka terhadap lingkungan sebagai bentuk kewaspadaan. Semua tamu yang datang ke gudang misalnya harus tercatat dalam buku tamu. Begitupun setiap barang keluar dari gudang handak, harus tercatat dalam buku berita acara melibatkan kepolisian sebagai saksi.

“Setiap bahan peledak yang keluar, harus dicek, libatkan kepolisian mengecek setiap bahan yang keluar,” katanya.

Dari beberapa peristiwa yang pernah terjadi, seperti hilangnya bahan peledak di perjalanan atau hilangnya bahan itu di gudang, ditegaskan Brigadir Trisno hal itu harus menjadi pelajaran semua.

“Kita harus ikut serta menjaga peledak yang kita tangani, jangan sampai jatuh pada tangan yang tidak bertanggung jawab,” tegas Brigadir Sutrisno.

[Tribratanews.com/Humas Polres Hulu Sungai Selatan]

Related Posts