Penyidik Polda Sumbar Geledah BPN Padang

Tribratanews.com – Penyidik dari Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Sumbar mendatangi Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Padang, Selasa (24/10).

Kedatangan para penyidik ini untuk melakukan penggeledahan terkait penyidikan kasus dugaan menggunakan surat palsu dengan tersangka lima pegawai BPN Padang.

Hampir selama tiga jam polisi menggeledah kantor yang berlokasi di Jalan Ujung Gurun, Padang Barat tersebut.

Saat keluar dari Kantor BPN Padang, terlihat lima penyidik membawa sejumlah dokumen. Namun ketika wartawan meminta konfirmasi terkait penggeledahan tesebut, mereka enggan memberikan komentar.

Kepala Bidang Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Syamsi, membenarkan adanya penggeledahan di Kantor BPN Padang.

“Memang benar, penyidik dari Ditreskrimum menggeledah Kantor BPN,” ujarnya singkat.

Sementara Kepala kantor BPN Kota Padang Zahirrullah mengatakan, kedatangan penyidik merupakan bagian dari tindak lanjutan putusan Pengadilan Negeri Padang yang menolak permohonan praperadilan lima pegawai BPN.

“Sebelumnya kami dibertahu bahwa akan ada penggeledahan. Ini mungkin menindaklanjuti hasil putusan PN yang menolak praperadilan pada 12 Oktober lalu,” katanya.

Sebelumnya lima pegawai BPN Padang melayangkan gugatan praperadilan karena menilai status tersangka yang disandangkan penyidik Direktorat Reskrimum Polda Sumbar, atas kasus dugaan penggunaan surat palsu tidak beralasan secara hukum.

Hakim tunggal Leba Max Nandoko kemudian menolak gugatan praperadilan itu. Dalam amar putusannya di Pengadilan Negeri Padang, Kamis (12/10) hakim menyatakan menolak gugatan pemohon untuk seluruhnya, dan menyatakan penyidikan yang dilakukan penyidik Polda Sumbar atas laporan Lehar itu sah.

[Tbnews]

Related Posts