Pelaku Penipuan Modus Hipnotis Ditangkap Polsek Pademangan

 

Tribratanews.com – Kepolisian Sektor Pademangan Polres Metro Jakarta Utara berhasil mengungkap kasus penipuan modus hipnotis, yang terjadi di ITC Mangga Dua Lantai 2 (RM Pempek Amin) Kelurahan Ancol Kecamatan Pademangan Jakarta Utara, Selasa (15-08-2017).

Kepala Kepolisian Resot Metro Jakarta Utara Kombes Pol Dwiyono SIK, MSI yang didampingi Kapolsek Pademangan Kompol Sri Suhartati, mengatakan, tersangka pelaku penipuan yang mereka tangkap tersebut yakni bernama Reni Ilastama (34), warga Pademangan Kapung Irian, Kelurahan Kemayoran, Jakarta Pusat.

“Dari tersangka diamankan barang bukti berupa 2 lembar kuitansi pembelian mas,” ujar Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Dwiyono SIK, MSI di halaman Mapolsek Pademangan saat menggelar pres release Rabu (30-08-2017).

Lebih jauh Kapolres menjelaskan, terbongkarnya peristiwa itu bermula saat itu korban bernama Kani Binti Takwad (59) warga Kampung Pisang Batu RT 03, 010 Kelurahan Mangga Dua Selatan Kecamatan Sawah Besar Jakarta Pusat, bersama saksi Hj Rosidah, Siti Juwariyah, dan Mariam didatangi pelaku dengan maksud untuk mengadakan halal bihalal dan santunan anak yatim.

Selanjutnya pelaku mengajak korban dan saksi ke TKP dengan maksud untuk mengambil seragam pengajian dalam rangka halal bihalal dan santunan anak yatim di Ancol, lalu pelaku meminta kepada korban dan saksi untuk melepas semua perhiasannya dan agar dimasukkan kedalam tas. Namun saksi 3 tidak mau melepaskan perhiasan.

Setelah itu korban dan saksi menitipkan barang tersebut di TKP atas perintah pelaku, dan setelah itu korban dan saksi dan pelaku pergi ke lantai 4. Setelah sampai di lantai 4 pelaku meminta izin ada keperluan dan meninggalkan korban dan ketiga saksi. Selanjutnya pelaku mengambil tas korban, dan tas milik kedua saksi yang dititip di TKP dengan alasan perintah korban.

“Kemudian pelaku melarikan diri dengan membawa tas korban dan tas milik kedua saksi,” ungkap Kapolres.

Mendapati laporan penipuan tersebut, selanjutnya Kepala Unit Reskrim pimpinan AKP Andri SH, melakukan pengkapan terhadap pelaku. Dan dari hasil penyelidikan di ITC Mangga Dua yang dilakukan anggota buser, pelaku berhas ditangkap di sebuah rumah kontrakan yang baru.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan penyidik, pelaku mengaku, aksi tersebut dilakukan tersangka bersama dengan rekannya bernama Lia dan pelaku hanya mendapat bagian Rp 13.000.000 dan yang menjual semua perhiasan adalah tersangka Lia dan tidak tahu dijual dimana karena yang menjual adalah Lia.

Selain itu, dari hasil pemeriksaan juga diketahui bahwa tersangka pelaku juga pernah diproses hukum pada tahun 2012 di Polres Metro Jakarta Utara dalam perkara yang sama.

“Pelaku mengakui perbuatannya dan pelapor, para saksi/ korban saat dipertemukan dengan pelaku membenarkan bahwa benar pelakunya,” ungkap Kapolres.

Atas perbuatannya tersebut, tersangka yang kini diamankan di Mapolsek Pademangan dikenakan dengan Pasal 378 KUHPidana, dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

 

 

Related Posts