PDIP Tunjuk Salah Satu Putra Terbaik Polri Sebagai Calon Wakil Gubernur Jabar

 

Tb Hasanudin dan Anton Charliyan

Tribratanews.com- Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menunjuk salah satu putra terbaik Polri, Irjen Pol Anton Charliyan untuk maju sebagai Calon Wakil Gubernur Jawa Barat.

Irjen Pol Anton Charliyan akan berpasangan dengan Ketua DPD PDIP Jabar TB Hasanudin.

Penunjukan Irjen Pol Anton Charliyan yang juga mantan Kapolda Jawa Barat tersebut secara langsung disampaikan oleh Megawati Soekarnoputri di Kantor DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Minggu (7-1-2018) pagi.

Irjen Pol Anton Charliyan merupakan
Pria kelahiran Tasikmalaya, Jawa Barat, 29 November 1960 ini setelah lulus sekolah menengah, ia melanjutkan pendidikan ke Akademi Kepolisian. Anton menyelesaikannya pada tahun 1984.

Lulus dari sekolah polisi, ia mengawalinya banyak bertugas sebagai penyidik di lingkungan reserse Polri. Pada 2000, Anton ikut mengusut kasus pembunuhan Marsinah, buruh yang tewas di Surabaya, Jawa Timur.

Tak lama setelah itu, ia diberi tugas teritorial sebagai Kapolres Wajo di Provinsi Sulawesi Selatan pada tahun 2002. Ternyata, karena pengalamannya di reserse, Anton ditarik ke Polda Metro Jaya. Lagi-lagi, ia ikut membongkar kasus pembunuhan aktivis Munir.

Ia pun diberi amanah sebagai Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya. Kariernya di reserse berlanjut hingga Mabes Polri. Kali ini, Anton diberi tugas sebagai Kanit III Direktorat I Keamanan dan Kejahatan Trasnasional Bareskrim Polri pada tahun 2003 dengan pangkat komisaris besar.

Setelah lama dalam dunia penyidikan, pada tahun 2008, ia ditunjuk sebagai Kapolwil Priangan Polda Jawa Barat. Setahun berselang, pada tahun 2009, Anton ditugaskan sebagai Wakil Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah.

Dari Kalimantan Tengah, pada 2012, Anton ditarik ke lembaga pendidikan Polri sebagai Kepala Biro Pendidikan Pembinaan dan Pelatihan Lembaga Pendidikan Polri (Karodibinklat Lemdiklat Polri). Namanya mencuat ke pentas nasional, saat menjadi Kepada Divisi Humas Polri pada tahun 2015. Tak lama sebagai juru bicara, ia kembali dikirim ke daerah sebagai Kapolda Sulsel.

Sembilan bulan bertugas di Sulsel,ia kembali mendapatkan kepercayaan yang lebih besar lagi sebagai Kapolda Jawa Barat pada 12 Desember 2016. Irjen Anton Charliyan menggantikan Irjen Bambang Waskito.

PENDIDIKAN

Akademi Kepolisian (1984)

KARIER

Kapolres Wajo Polda Sulsel (2002)
Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, 2003
Kanit III Dit I/Kam dan Trannas Bareskrim Polri, 2003-2008
Kapolwil Priangan Polda Jabar (2008)
Wakapolda Kalteng (2009)
Karodibinklat Lemdiklat Polri (2012)
Kadiv Humas Polri (2015)
Kapolda Sulsel (2016)
Kapolda Jawa Barat (2016-2017)
Waka Lemdikpol (2017)

[Tribratanews.com]

Related Posts