Ngaku Bisa Selesaikan Masalah, Polisi Gadungan di Tangkap Polres Sukabumi

Tribratanews.com- Satuan Reserse Kriminal Polres Sukabumi Polda Jawa Barat menangkap AK (22) polisi gadungan yang berhasil menipu warga hingga korban mengalami kerugian puluhan juta rupiah, Sabtu (14-10-2017).

Kapolres Sukabumi AKBP M Syahduddi SIK melalui Kasat Reskrim AKP Dhoni Erwanto SIK menjelaskan, dalam aksinya, pelaku mengaku sebagai anggota polisi yang bisa mengurus atau menyelesaikan permasalahan yang sedang di alami korban.

“Jadi pelaku meminta uang senilai Rp 21 juta ke korban dengan alasan untuk biaya oprasonal kepolisian dan koordinasi ke kejaksaan, ” tutur AKP Dhoni Erwanto SIK, Minggu (14-10-2017).

AKP Dhoni mengatakan, uang yang diminta pelaku digunakan untuk kepentingan pribadi. Karena pelaku bukan polisi tapi pekerjaannya di KTP sebagai wiraswasta.

“Pelaku bukan polisi, hanya mengaku polisi untuk mengelabui korbannya,” katanya.

AKP Dhoni mengatakan, aksi penipuan korban bermula pada Sabtu (07-10-2017) korban bertemu dengan pelaku di sebuah salon yang terletak di Cibadak.

Saat itu pelaku menggunakan seragam kepolisian sehingga korban merassa percaya dan yakin bahwa pelaku tersebut merupakan anggota polisi.

Selanjutnya korban bercerita kepada pelaku tentang masalah pribadinya yaitu ada yang mengancam akan menyebarkan vidio bugil dari korban.

Lalu dengan delih bisa menyelesaikan permasalahan tersebut sehingga pelaku akhirnya meminta sejumlah uang secara bertahap dengan nilai Rp 21 juta dan pelakupun sempat menyita hanphone korban dengan dalih akan dijadikan barang bukti karena di handphone tersebut terdapat vidio bugil milik korban.

“Karena korban percaya akhirnya semua permintaan pelaku dipenuhi oleh korban,” katanya.

Masih kata AKP Dhoni SIK, setelah beberapa hari korban merasa curiga dengan tingkah pelaku yang terus menerus suka meminta uang sehingga melaporkan pelaku kepada pihak Propam Polres Sukabumi.

“Karena pelaku awalnya mengaku polisi korban kemudian melapor ke Polisi,” katanya.

Dari laporan tersebut, ternyata di Polres Sukabumi tidak ada nama yang disebutkan oleh korban. Sehingga anggota Reskrim Polres Sukabumi pimpinan AKP Dhoni Erwanto SIK langsung melakukan penyelidikan.

Pada Sabtu (14-10-2017) korban memancing pelaku dan setelah merespon pelaku diajak ketemuan di wilayah Cibadak dan akhirnya pelaku berhasil diamankan dan diamankan ke Polres Sukabumi.

“Pelaku kami tangkap di wilayah Cibadak,” kata AKP Dhoni Erwanto SIK.

Dari tangan pelaku, Polisi mengamankan barang bukti berupa seragam polisi, senjata mainan/ senjata korek.

 

[Tribratanews.com/ Humas Polres Sukabumi]

Related Posts