Menhub Berharap Pelabuhan di Sumba Timur Tinggi Potensi untuk Pariwisa

Tribratanews.com – Menteri Perhubungan Republik Indonesia Ir Budi Karya Sumadi, bersama rombongan Dirjen Perhubungan Udara, Kepala Pelindo III Tenau Kupang serta staf Kementerian Perhubungan RI melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Sumba Timur, NTT, Minggu (10/9/17) siang.

Menteri Perhubungan bersama rombongan tiba pada pukul 12.45 di Bandara Umbu Mehang Kunda Waingapu dengan menggunakan pesawat carter King Air PK-CAO.

Rombongang disambut oleh Bupati Sumba Timur Drs Gidion Mbilijora, M.Si, Kapolres Sumba Timur AKBP Victor M T Silalahi SH, MH, dan FORKOPIMDA kabupaten Sumba Timur di Appron Bandara yang disertai dengan pengalungan kain adat Sumba Timur, kemudian rombongan langsung menuju ke Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas V Waingapu.

Setelah tiba di KSOP Kelas V Waingapu kegiatan dilanjutkan dengan acara penandatanganan kesepakatan bersama pemanfaatan barang milik negara antara KSOP Kelas V Waingapu yang diwakili Kepala KSOP Kelas V Waingapu Rosihan Gamjin dengan PT. PELINDO III Tenau Kupang yang diwakili oleh I Putu Sukadana selaku Kepala PT. PELINDO III Tenau Kupang.

Penandatanganan tersebut merupakan penyerahan pengelolaan pelabuhan dari KSOP Kelas V Waingapu kepada PT. PELINDO III Tenau-Kupang.

Dalam sambutannya pada acara penandatanganan, menteri perhubungan menjelaskan bahwa dengan adanya penandatanganan ini maka diharapkan akan mengembangkan pelabuhan Nusantara Waingapu menjadi pelabuhan yang lebih besar dan bermanfaat bagi masyarakat Sumba Timur yang saat ini sedang menggalakan potensi pariwisatanya.

“APBN semakin ketat penggunaaannya sehingga akan disalurkan untuk daerah yang jauh serta strategis seperti Waingapu dan setelah penandatanganan ini maka dalam kurung waktu 1 bulan akan dilakukan serah terima,” jelas Menteri Perhubungan.

Pak Menteri juga berharapkan pelabuhan yang diserahterimakan akan semakin banyak didatangi kapal dan semakin singkat waktu berlabuhnya sehingga lebih efisien.

Menteri Perhubungan Ir Budi Karya Sumadi, juga mengatakan bahwa dalam dua bulan mendatang, kabupaten Sumba Timur, akan melakukan pemanenan 20.000 Ha tebu dan dirinya akan meminta Presiden Joko Widodo untuk hadir ke Sumba Timur.

Selanjutnya Menteri Perhubungan bersama rombongan melakukan kunjungan ke kapal Mitra Konawe yang saat itu tengah bersandar pelabuhan Nusantara II.

Setelah melaksanakan kegiatan di pelabuhan, rombongan kembali ke Bandara Umbu Mehang Kunda Waingapu dan melakukan pengecekan terminal penumpang pada Bandara Umbu Mehang Kunda Waingapu.

Pukul 13.58 WITA, Menteri Perhubungan bersama rombongan take off meninggalkan Bandara Umbu Mehang Kunda menuju ke Bima, NTB dengan menggunakan Pesawat Carter King Air PK-CAO.

Kunjungan kerja Ir. Budi Karya Sumadi ke kabupaten Sumba Timur tersebut merupakan yang kedua kalinya baginya setelah menjabat sebagai Menteri Perhubungan RI.

Dalam kegiatan kunjungan tersebut Polres Sumba Timur menurunkan kekuatan penuh yang diback oleh Polsek Waingapu.

 

[Humas Polres Sumba Timur-Polda NTT]

Related Posts