Memupuk Rasa Nasionalisme Pemuda Dengan Renungan Suci

Tribratanews.com – AKBP Maesa Soegriwo S.IK, Kapolres Temanggung, Jawa Tengah menjadi inspektur upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci dalam rangka Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72 tahun 2017. Kegiatan dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan Prayudha, Mudal, Temanggung, Rabu (16-08-2017) malam, menjelang pukul 00.00 WIB.

Dalam renungan suci ini dihadiri oleh Bupati Temanggung dan FKPD Kabupaten Temanggung, Purnawirawan TNI POLRI, satu bataliyon anggota Kodim 0706 Temanggung, satu pleton anggota Polres Temanggung, Aparatur Sipil Negara (ASN) serta siswa-siswi perwakilan SMA, SMK di Temanggung.

Acara dimulai dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan yang telah gugur. Selanjutnya dibacakan doa untuk pahlawan oleh Kapolres Temanggung. Doa dibacakan dibawah cahaya obor yang dibawa dua personel POLRI.

Acara yang diikuti sekitar 200 orang tersebut selain untuk memberikan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada arwah para pahlawan, tetapi juga untuk mengajarkan kepada generasi muda tentang kebangsaan.

Sebelum dilakukan penghormatan terakhir kepada arwah pahlawan, dilakukan penyalaan lilin di dekat pusara para pahlawan yang dimakamkan di Taman Makam Pahlawan. Penyalaan lilin dilakukan oleh sejumlah siswa dari berbagai sekolah.

“Kehadiran siswa-siswi saat Renungan suci ini untuk memupuk rasa nasionalisme kemerdekaan generasi muda, juga mengingatkan bahwa kemerdekaan yang saat ini kita rasa tidak didapat dengan cuma-cuma, tetapi dengan cucuran keringat dan darah para pahlawan, sehingga kita dapat merasa aman tentram dan damai seperti sekarang,” ujar Maesa.

Setelah penghormatan terakhir terhadap arwah para pahlawan, Apel Kehormatan dan Renungan Suci selesai. Inspektur upacara berikut rombongan meninggalkan Taman Makam Pahlawan Prayudha.

 

[Tribratanews.com/Humas Polres Temanggung]

Related Posts