Mau Mudik, Ini Imbauan dari Kapolres Gowa

Tribratanews.com- Kapolres Gowa AKBP Shinto Silitonga SIK memberikan sejumlah tips bagi para warga Gowa yang akan meninggalkan rumah untuk mudik lebaran 2018.

Kapolres Gowa AKBP Shinto Silitonga SIK MSI mengimbauan kepada pemudik agar selamat sampai tujuan. Pemudik diminta selalu mengutamakan keselamatan selama perjalanan.

Kapolres mengatakan, bagi pemotor maupun pengemudi jenis kendaraan lainnya agar melakukan pengecekan kendaraan sebelum perjalanan.

Pemudik diimbau agar tidak membawa barang bawaan yang melebihi kapasitas kendaraan. Periksa surat surat kendaraan apakah sudah komplit atau belum. Jangan sampai saat perjalanan ada surat surat yang belum terbawa.

Mantan Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya ini juga mengimbau agar pemudik tidak memodifikasi kendaraan yang bertujuan menambah kapasitas muatan, terlebih pada sepeda motor.

“Pada roda dua gunakan helm, peralatan motor dan jangan menambah aksesoris. Seperti, jangan menambahkan kayu panjang ke belakang lalu dikasih barang bawaan. Itu sangat berbahaya bagi keselamatan lalin di jalan,. Yang pakai mobil gunakan sabuk pengaman” kata Kapolres Gowa AKBP Shinto Silitonga.

Kapolres juga mengingatkan pemudik untuk menjaga kondisi tubuh selama perjalanan. Pengendara yang mengantuk dihimbau untuk tidak memaksakan melanjutkan perjalanan dan bersitirahat sejenak.

Rasa kantuk menurut dia, dapat menurunkan tingkat konsentrasi yang dapat berakibat fatal.

“Sopir kalau lelah istirahat. Jangan memaksakan berangkat terus. Kalau ngantuk berhenti. Ada beberapa rest area dan Pos Pam dan Pos Pelayanan yang sudah bisa digunakan para pemudik,” tutur AKBP Shinto Silitonga SIK MSI.

(Tribratanews.com/ Humas Polres Gowa)

Related Posts