Lagi, Sat Brimob Polda Jatim Beri Pelatihan Wanteror & Jibom Personel Polres Situbondo

Tribratanews.com – Detasemen Gegana Satbrimob Polda Jatim memberikan pelatihan perlawanan teror (Wanteror) dan penjinak bom (Jibom) kepada personel Polres Situbondo.

Setelah sebelumnya, Kanit Subden Wanteror Satbrimob Polda Jatim Iptu Hendra Gunawan beserta tim memberikan materi terkait Wanteror dan Jibom kepada persone Polres Situbondo yang ditunjuk, hari berikutnya Jumat (05-05-2017) latiha dilanjutkan dengan praktek di lapangan yang ditempatkan di lapangan tembak Kotakan Situbondo.

Beberapa materi yang dilatihkan yaitu Wanteror diantaranya pengenalan senjata api, sniper, escape, pertempuran jarak dekat dan penanganan korban/sandera/tersangka/TKP.

Ssedangkan untuk Jibom dengan materi diantaranya pengetahuan tentang bahan peledak, sterilisasi bom, TPTKP bom dan evakuasi bom.

Pelaksanaan latihan lapangan dipantau langsung oleh Kapolres Situbondo AKBP Sigit Dany Setiyono SH SIK MSc (Eng) bersama Kabag Ops Kompol Haryono, Kasat Sabhara AKP Moh. Hasanudin SH, dan Kasat Reskrim Kasat Reskrim AKP I Gede Lila Buana Arta SE SIK.

Latihan ini diberikan untuk memberikan pengetahuan, wawasan dan meningkatkan kemampuan personel Polres Situbondo khususnya pengetahuan dasar dalam perlawanan teror (Wanteror) dan penjinak bom (Jibom) sebagai bekal personel saat bertugas di lapangan.

Kapolres Situbondo mengatakan dengan latihan Wanteror dan Jibom ini bisa menambah bekal personel khususnya yang bertugas di lapangan sehingga memiliki pandangan terkait tindakan apa yang harus dilakukan apabila menjumpai tindak kriminalitas bersenjata dan menggunakan bahan peledak.

“Minimal dengan pelatihan ini dapat mengurangi bahkan mencegah timbulnya korban dari masyarakat apabila terjadi tindak kriminalitas bersenjata, sebagai tindakan pencegahan awal sebelum Tim Wanteror dan Jibom Sat Brimob tiba di lokasi kejadian,” ujar Kapolres Situbondo.

[Dra – Humas Polres Situbondo]

Related Posts