Kuliah Umum Kapolda Riau di Fakultas Teknik UNRI: Merajut Bhinneka Tunggal Ika

Tribratanews.com – Kapolda Riau Irjen Pol Zulkarnain Adinegara memberikan kuliah umum di Fakultas Teknik Universitas Riau. Senin (21-08-2017).

Kuliah umum yang disampaikan Irjen Pol Zulkarnain Adinegara dengan materi merajut Bhinneka Tunggal Ika. Kapolda menyampaikan tentang penekanan sumpah pemuda dan makna isi sumpah pemuda yang dibacakan salah satu mahasiswi.

Lebih lanjut, Irjen Pol Zulkarnain menyampaikan tentang rasa persatuan dan kesatuan terhadap Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika. Kapolda juga menyampaikan tentang berkembang organisasi yang anti pancasila seperti HTI. Selanjutnya disampaikan pengalaman dinas selama berada di luar negeri bagaimana kehidupan di sana.

Disampaikan oleh Kapolda bahwa kesejahteraan merupakan salah satu faktor membangun Indonesia, untuk itu dibutuhkan tenaga-tenaga dan pemikiran teknik, tetapi diperlukan jiwa-jiwa yang mampu membangun dan berideologi Pancasila.

“Saya berpesan hati-hati dengan pemikiran kilafah tentang agama dan ideologi yang bertentangan dengan Pancasila dengan isu agama, isu golongan yang mengakibatkan perpecahan,” ujarnya.

Sementara itu, masalah globalisasi terkait maraknya terorisme yang belum lama ini menggunakan aplikasi telegram dalam penyebarannya. Kapolda mengatakan bahwa aksi massa yang anarki mengakibatkan pengrusakan yang berdampak hal tidak baik.

Kemudian masalah sosial media seperti berita-berita hoax terlebih yang bersifat Suku, Agama dan Ras (Sara) dan lainnya juga seperti penyebaran pornografi untuk berhati-hati dalam penggunaan sosial media.

Berkaitan dengan itu semua perlu adanya penegakan hukum yang dilakukan oleh pihak kepolisian dengan menjunjung tinggi 4 pilar  yaitu NKRI, UUD 1945, Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika.

“Saya berpesan kepada mahasiswa-mahasisiwi untuk menjauhi narkoba yang dapat melemahkan generasi muda penerus bangsa dan jaga  martabat dalam pergaulan selaku mahasiswa,” imbau Kapolda Irjen Pol Zulkarnain.

Di akhir acara, dilakukan sesi tanya jawab dan selanjutnya Fakultas Teknik memberikan cinderamata berupa plakat kepada Kapolda Riau yang diserahkan langsung oleh Dekan Fakultas Teknik Dr. Ir. Ari Sandhyavitri MSC.

[Tribratanews.com/Humas Polda Riau]

Related Posts