Kepada Ratusan Mahasiswa Kapolres Metro Jakarta Timur Berikan Kuliah Umum Tentang Peran Mahasiswa dan Pemuda dalam Menjaga Keutuhan NKRI


Tribratanews.com – Kepala Kepolisian Resor Metro Jakarta Timur, Kombes Pol Dr (C) SIK, MSI memberikan kuliah umum, kepada ratusan mahasiswa saat menjadi nara sumber diskusi yang bertemakan “Peran Mahasiswa dan Pemuda Dalam Mengawal Keutuhan NKRI ” di Seminar BEM Jakarta di Hotel Alia Cikini, Jumat (20-10-2017).

Dalam kesempatan itu Kapolres Metro Jakarta Timur, menyampaikan tentang peran mahasiswa dan pemuda dalam menjaga keutuhan NKRI. Menurutnya, status mahasiswa dan pemuda tidak akan melekat secara abadi.

“Tentunya status mahasiswa dan pemuda akan ditinggal seiring waktu,” ujarnya.

Dan menurut Kapolres pembatasan waktu juga amat penting karena menurutnya, perubahan dunia saat ini sangat cepat sehingga pemikiran-pemikiran strategis tidak bisa ditempatkan pada waktu yang panjang.

Lebih lanjut Kapolres menjelaskan, tantangan terdekat dalam mengawal NKRI adalah kontestasi politik yang akan melahirkan polarisasi identitas yang rawan akan terjadi benturan antar kelompok yang berpotensi terganggunya semangat kebangsaan kita.

“Sentimen anti China, sentiman agama dan kelompok akan menguat dan menjadi isu-isu yang dapat tumbuh dan berkembang liar bersifat destruktif untuk kesatuan NKRI.

Sedangkan tantangan jangka panjang kata Kapolres, hendaknya mahasiswa melakukan komparasi kemajuan mahasiswa mahasiswa di dunia tentang bagaimana pemuda dan mahasiswa Amerika, China , Arab , Australia berkembang dan bagaimana mahasiswa dan pemuda Indonesia berkembang.

Kemudian dalam kesempatan itu Kapolres juga mengajak mahasiswa selalu mewaspadai politik pecah belah, karena negara adidaya, Amerika, China, Arab dan sebagainya, dan mendompleng ada proses demokrasi kita yang sedang mencari bentuk.

Kemudian kata Kapolres mengawal NKRI tidak bisa sebatas retorika dan spirit semata tetapi harus ada kualitas mahasiswa dan pemuda yang dapat dikompetisikan dengan mahasiswa dan pemuda pemuda global.

“Kesimpulan dari semua pandangan saya maka peran pokok mahasiswa dan pemuda dalam mengawal NKRI adalah meningkatkan kualitas mahasiswa dan pemuda melalui peningkatan kualitas belajar,” tutupnya.

 

(Tribratanews.com)

Related Posts