Kawanan Spesialis Pencuri Sapi Berhasil Dibekuk Satreskrim Polres Temanggung

Tribratanews.com – Dua dari tiga tersangka komplotan spesialis pencuri sapi berhasil dibekuk Satreskrim Polres Temanggung, satu ditetapkan dalam dalam daftar pencarian orang (DPO).

Kapolres Temanggung AKBP Maesa Soegriwo menerangkan bahwa para tersangka ini sering beroperasi di sekitar Temanggung, dan merupakan jaringan spesialis pencuri sapi.

“Dalam melakukan aksinya, mereka bekerja secara kelompok dan menggunakan truck sebagai sarana untuk mengangkut sapi hasil curiannya,” terang Maesa saat jumpa pers, Selasa (17-10-2017).

Maesa mengatakan, tersangka yang berhasil diringkus yakni JS (39), warga Dusun Tentrem, Desa Rowo, Kecamatan Kandangan, dan AE (23), warga Dusun Tegalsari, Desa Wadas, Kecamatan Kandangan, sedang satu lainnya masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

Modus yang dilakukan tersangka yaitu mereka mendatangi lokasi, satu orang menunggu di truk, satu orang mengamati situasi dan yang satunya lagi mengambil sapi, terakhir komplotan ini beraksi di tempat korban Amin Suratno, warga Lungge, Temanggung, dan berhasil menggondol seekor sapi betina jenis simental.

Menurut pengakuan tersangka JS, mereka baru dua kali melakukan aksinya yakni di daerah Kandangan dan Lungge Temanggung. Ia menuturkan tidak tahu harga sapi curian tersebut, namun dirinya menerima bagian uang dari AE, pertama Rp1,5 juta dan pada pencurian kedua mendapat bagian Rp1 juta.

Atas perbuatannya, para tersangka dijerat dengan Pasal 363 KUHP, yakni pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman paling lama 7 tahun penjara.

 

 

 

[Tribratanews.com/Humas Polres Temanggung]

Related Posts