Kasubag Bin Ops Polres Sukabumi Hadiri Rapat Siaga Kekeringan dari BPBD

Tribratanews.com – Kasubag Bin Ops Polres Sukabumi, Jawa Barat, AKP Idji Jubaedi SH, menghadiri rapat siaga kekeringan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi di Hotel Selabintana, Selasa (25-07-2017).

Rapat dipimpin langsung oleh Sekda Kabupaten Sukabumi Drs H Yos Sumantri selaku Kepala BPBD Kabupaten Sukabumi dan dihadiri bapak Usman Jaelani kepala pelaksana, Kabid kedaruratan bencana, bapak Usman, Kabid Pemulihan bapak Agus Spd, Msi, Kapolres Sukabumi kota diwakili Kasat Sabhara AKP Dedi, Dandim 0607 diwakili Danramil Sukabumi, Kadis DLH, kepala Tarkimsih, kepala PDAM, PMI, Kadinas sosial dan Perwakilan OPD.

Adapun isi pembahasan rapat yakni di Kabupaten Sukabumi berdasarkan laporan ada 8 kecamatan yang terindikasi kekeringan yaitu Kecamatan Cikakak, Ciemas, Palabuhanratu, Bantargadung, Jampang Kulon, Gegerbitung, Warungkiara dan Cikembar.

Perlu diidentifikasi secara detail termasuk kampung mana saja yang rawan kekeringan karena tidak menyeluruh di kecamatan mungkin hanya beberapa desa atau hanya beberapa kampung saja.

Kemudian diakomodir permintaan dari tempat rawan kekeringan terutama kebutuhan air bersih/ air minum yang mendesak. Kesiapan dari masing-masing OPD termasuk Polres dan Kodim dalam rangka membantu pengamanan maupun pendistribusian air ke kampung rawan kekeringan. Kesiapan armada yang diperlukan untuk mengangkut air bersih. Perangkat OPD harus menyiapkan program dalam penanggulangan bencana.

Selanjutnya adanya permintaan pengamanan dalam pendistribusian, pengalaman tahunn 2015, ketika pendistribusian air bersih ke daerah perbatasan kecamatan Palabuhanratu dengan Bantar Gadung terjadi rebutan air oleh warga setempat serta terjadi penyanderan sopir/ kenek mobil PDAM ketika selesai distribusi dikarenakan masih kurang pasokan air.

Polres Sukabumi siap membantu pengamanan maupun pendistribusian air bersih agar dilakukan kordinasi sebelum pendistribusian guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Terkait kesiapan armada, Polres Sukabumi mempunyai mobil water canon dan mobil truk untuk bantu distribusi air bersih.

Perlu adanya pemberdayaan masyarakat guna melarang agar tidak membakar sampah ataupun hutan secara sembarangan. Polri siap dengan Bhabinkamtibmas dan babinsa untuk bantu.

[Tribratanews.com/Humas Polres Sukabumi]

Like
LikeLoveHahaWowSadAngry

Related Posts