Kapolsek Cisolok Sukabumi Monitoring Pertemuan Muspika Terkait Pilkades

Tribratanews.com – Kapolsek Cisolok Polres Sukabumi, Jawa Barat, AKP Hotmen Situmorang SH, melaksanakan monitoring terkait pertemuan tentang Pilkades di Aula Kecamatan Cisolok, Senin (28-08-2017).

Dalam kegiatan tersebut, AKP Hotmen menyampaikan bahwa pelaksaabn Pilkades serentak mengundang rawan politik dan gangguan Kamtibmas di Kabupaten Sukabumi khususnya di Kecamatan Cisolok.

“Kerawanan tersebut bukannya tidak punya dasar, mengingat di Desa Sirnaresmi ada seorang Ketua BPD dimana istri yang bersangkutan mencalonkan kepala desa sehingga kegiatan tersebut mengundang fenomena dan euforia di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Terkait adanya penemuan, AKP Hotmen menyarankan kepada panitia, para calon Kepala Desa, BPD dan tokoh-tokoh masyarakat  setempat dalam waktu pertemuan merembuk dan berfikir secara rasional.

AKP Hotmen menerangkan bahwa dalam Undang-undang Pilkades nomor 9 tahun 2015, tidak ada satu pasal yang menyebutkan kalau ada BPD yang istrinya mencalonkan tidak ada kalimat-kalimat dilarang. Oleh karena itu, seluruh yang hadir diajak sama-sama mencari keputusan yang terbaik.

Adapun hasil dalam keputuasan tersebut antara lain, Ketua BPD tidak diperbolehkan ikut berkampanye, Ketua BPD tidak diperbolehkan mengantar istrinya dalam kepentingan Pilkades, apabila suatu saat istrinya memenangkan Pilkades maka Ketua BPD langsung mengundurkan diri.

Selain itu, Muspika Kecamatan Cisolok dalam pertemuan tersebut juga mengharapkan kepada masyarakat agar jangan terlalu negatif apabila ada penemuan pelanggaran, namun segera lapor ke panitia.

[Tribratanews.com/Humas Polres Sukabumi]

Related Posts