Kapolsek Berikan Pemahaman Hukum dan Penerangan UU ITE di SMA N 1 Bandongan


Tribratanews.com – Kapolsek Bandongan, Resor Magelang, Jawa Tengah, AKP Gede Mahardika, didampingi anggota bhabinkamtibmas Desa Bandongan Brigadir Andy Dwi Putra, berekan materi pemahaman hukum dan penerangan UU ITE saat melakukan sosialisasi ke SMA N 1 Bandongan, Selasa (22-08-2017).

Kehadiran Kapolsek Bandongan adalah sebagai narasumber hukum yang berkaitan dengan UU ITE atas undangan dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Magelang sebagai penyelenggara

“Kemajuan tekhnologi yang berkembang pesat saat ini sudah merambah hingga ke pelosok dusun dan pegunungan yang ada di wilayah Hukum Polres Magelang Kota. Hingga pemahaman-pemahaman hukum yang menyangkut di dalamnya juga harus disosialisasikan demi terjaganya kamtibmas dalam berdunia maya,” ucap Kapolsek di Ruang Aula SMA N 1 Bandongan.

Dikatakanya, karena dalam Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau Undang Undang nomor 11 tahun 2008 atau UU ITE adalah Undang-Undang yang mengatur tentang informasi serta transaksi elektronik, atau teknologi informasi secara umum. Dan Undang-Undang ini memiliki yurisdiksi yang berlaku untuk setiap orang yang melakukan perbuatan hukum sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini, baik yang berada di wilayah hukum Indonesia maupun di luar wilayah hukum Indonesia, yang memiliki akibat hukum di wilayah hukum Indonesia dan/atau di luar wilayah hukum Indonesia dan merugikan kepentingan Indonesia.

AKP Gede Mahardika, juga menyampaikan, bahwa penggunaan media social harus bijak dan arif karena apabila dalam penggunaan yang tidak baik bisa di pidanakan sesuai dengan kapasitas tindakan sesuai UU ITE.

Sosialisai yang di ikuti 50 orang perwakilan Guru dan Pengurus Osis SMA N 1 Bandongan di tutup dengan sesi tanya jawab seputar UU ITE.

[Humas Polres Magelang-Polda Jateng]

Related Posts