Kapolri Siapkan 400 Kuota untuk Mengikuti Pendidikan Perwira Bagi Bintara yang Berprestasi

 

Tribratanews.com – Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian memberikan penghargaan kepada 11 personel Polda Sumut yang berprestasi dalam pelaksanaan tugas. Penghargaan itu diberikan pada saat melakukan kunjungan ke Berastagi dalam rangka Bhakti Kesehatan dan Bhakti Sosial, pada hari Kamis (24-08-2017).

Kegiatan pemberian penghargaan yang dilaksanakan di Grand Mutiara Hotel tersebut Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian didampingi oleh Kapolda Sumateta Utara Irjen Pol Paulus Waterpauw.

Kapolri mengatakan, pemberian penghargaan tersebut untuk mendorong seluruh personelnya agar selalu berkompetisi dalam meraih prestasi sesuai bidang tugas dan fungsi masing-masing. Menurut Kapolri, suasana kompetisi tersebut akan melahirkan personel-personel Polri yang berprestasi di setiap satuan kerja dan satuan wilayah di Tanah Air.

Kapolri berjanji, jika terbukti memiliki prestasi, ia akan memberikan penghargaan dalam berbagai jenis, mulai kenaikan pangkat setingkat, promosi, maupun kesempatan untuk melanjutkan pendidikan.

Mantan Kapolda Metro Jaya ini pun mencontohkan, seperti tiga Bintara Polri yang berprestasi dimana mereka telah mengikuti pendidikan perwira dan sempat diundang Presiden Joko Widodo belum lama ini sebagai contoh sebuah pengharaan kepada anggota yang berprestasi. 

Tak hanya itu kata Kapolri, meski Bintara yang berprestasi tersebut belum memenuhi syarat untuk mengikuti pendidikan perwira, namun karena personel tersebut telah mengharumkan nama Polri di tengah-tengah masyarakat ia akan menggunakan hak istimewanya agar personel tersebut dapat mengikuti pendidikan perwira.

Dalam memberikan penghargaan tersebut, Kapolri tidak hanya berpaku pada bidang Reserse dalam pengungkapan kasus, tetapi juga di bidang intelijen, pembinaan masyarakat, dan bidang tugas Polri lainnya.

“Silahkan berprestasi di bidang masing-masing jika berprestasi, saya tidak segan-segan memberikan penghargaan,”. katanya di hadapan Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw, serta sejumlah perwira dan bintara di jajaran Polda Sumatera Utara.

Lanjut Kapolri menjelaskan, bagi anggota yang berprestasi telah disiapkan “jatah” untuk mengikuti pendidikan reguler. Dan terkait itu Kapolri telah memerintahkan bagian SDM Polri untuk menyisakan 400 dari 1.000 lebih kuota Bintara yang akan mengikuti pendidikan perwira bagi personel yang berprestasi. Sedangkan sisanya berasal dari jalur seleksi.

Adapun penghargaan kepada 11 personel Polda Sumatera Utara yang berprestasi di bidang tugas masing-masing yaitu.

AKBP Febriansyah,SIK ( Kasat Reskrim Polrestabes Medan)

Penghargaan atas keberhasilan dalam pengungkapan kasus tindak pidana yang menimbulkan rasa kebencian, rasa permusuhan, penghinaan dan pencemaran nama baik.

AKBP Ganda Saragih, SH,MH (Kasat Resnarkoba Polrestabes Medan)

Penghargaan atas keberhasilan dalam pengungkapan kasus tindak pidana narkotika jenis sabu seberat 2 Kg di jalan Sei Rokan Sei Sikambing Kec. Medan Baru.

AKBP Hilman Wijaya,SH,MH (Kasubdit III Ditresnarkoba Polda Sumut)

Penghargaan atas keberhasilan dalam pengungkapan kasus tindak pidana narkotika jenis sabu seberat 5.000 gram di jalan Lintas Sumatera Tanjung Balai Kab. Asahan.

AKBP Leo Siagian,SIK,M.Sc ( Kasubdit I Ditresnarkoba Polda Sumut)

Penghargaan atas keberhasilan dalam pengungkapan kasus tindak pidana narkoba jenis sabu seberat 2 kg di jalan Pembangunan IV Kec. Medan Sunggal Kab. Deli Serdang.

AKBP Herzoni Saragih,SIK ( Kasubdit III Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Sumut)

Penghargaan atas keberhasilan dalam pengungkapan kasus tindak pidana  ITE dan tindak Pindan Keimigrasian.

AKBP Faisal F. Napitupulu ( Kasubdit III Ditreskrimum Polda Sumut)

Penghargaan atas keberhasilan dalam pengungkapan kasus tindak pidana Curat ATM BRI di Tunggul Hatigoran Sihombing, dkk.

Kompol Hendra Eko Tri Yulianto, SH,SIK ( Kapolsek Medan Baru Polrestabes Medan)

Penghargaan atas keberhasilan dalam pengungkapan kasus tindak pidana curat di wilayah hukum Medan Baru.

Kompol Dahniel Somanonasa,SIK ( Kapolsek Sunggal Polrestabes Medan)

Penghargaan atas keberhasilan dalam pengungkapan kasus tindak pidana narkotika jenis sabu seberat 1,85 kg kec. Medan Sunggal.

Kompol Wira Prayatna,SH,SIK,MH ( Kapolsek Delitua Polrestabes Medan)

Penghargaan atas keberhasilan dalam pengungkapan kasus tindak pidana curat di pasar Inpers Kwala Berkala.

Kompol Wilson BF, Pasaribu,SIK ( Kapolsek Medan Timur Polrestabes Medan)

Penghargaan atas keberhasilan dalam pengungkapan kasus tindak pidana narkotika jenis sabu seberat 2 Kg di jalan Perumnas Mandala Medan.

AKP Bayu Putra Pasaribu, SIK (Kasat Reskrim Polres Asahan)

Penghargaan atas keberhasilan dalam pengungkapan kasus tindak pidana pembunuhan di Kab. Asahan.

Dalam kesempatan itu juga, Kapolri Jenderal Tito Karnavian telah memerintahkan 33 Polda dan 500 Polres serta jajarannya di Indonesia untuk serius membangun kedekatan dengan masyarakat, agar konflik sosial dapat dicegah.

“Kasus narkoba, premanisme dan perampokan gerebek semua, namun jangan sampai terjadi konflik sosial. Saya sangat atensi kepada kasus konflik sosial,” kata Jenderal Tito.

Jenderal Tito berharap,  prestasi setiap personil selalu tumbuh subur di jajaran Kepolisian.

“Tidak fair jika hanya memerintah anggota bekerja, tetapi tidak memberi penghargaan saat  mereka berprestasi,” pungkas Kapolri.

(tribratanews.com/humas polda sumut)

Related Posts