Kapolres Situbondo Ikut “Nyanggar Kopi” Bersama Gus Ipul dalam Festival Ratu Kopi

Tribratanews.com – Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifulla Yusuf alias Gus Ipul, menghadiri “Festival Ratu Kopi” yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Situbondo, Senin (11-09-2017).

Turut hadir pada acara tersebut Bupati Situbondo, Kapolres Situbondo AKBP Sigit Dany Setiyono SH, SIK, MSc (Eng), Dandim 0823 Situbondo Letkol Inf Ashari SPd, dan jajaran Forkompinda lainnya, serta masyarakat pecinta kopi dari di Situbondo maupun luar kota.

Dalam Festival Ratu Kopi ini diperkenalkan kopi kelas dunia yakni kopi khas Kayumas yang dijadikan ikon komuditas unggulan kopi dari Kota Situbondo.

Pada kesempatan itu, Gus Ipul bersama Kapolres Situbondo dan Dandim 0823 Situbondo mempraktikkan langsung pengolahan kopi secara tradisonal mulai dari sangrai kopi atau istilah lokal Situbondo disebut “nyanggar kopi” sampai dengan menggiling hingga menyeduhkan kopi, semuanya dilakukan secara tradisional.

Sementara itu, Bupati Situbondo menjelaskan bahwa Festival Ratu Kopi itu adalah ajang mempromosikan kopi Arabika khas Kayumas Situbondo yang sudah teruji kualitas rasanya. Pemerintah Daerah juga akan terus mendukung dan memacu para petani kopi rakyat, khususnya supaya memperlakukan kopi rakyat dengan organik. (dra)

[Tribratanews.com/Humas Polres Situbondo]

Related Posts