Kapolres Siak Gelar Coffee Morning Bersama Insan Pers

Tribratanews.com – Mengawali tugasnya sebagai Kapolres Siak, AKBP Barliansyah SIK, tidak hanya melakukan konsolidasi internal. Dia juga segera meletakkan pondasi kemitraan dengan insan pers yang bertugas di Wilayah hukumnya melalui giat bertajuk coffee morning yang digelar Selasa (03/10/2017) di Mapolres Siak.

Dalam kesempatan tersebut, mantan Kapolres Kepulauan Meranti itu, juga menghadirkan seluruh Kapolsek jajaran, para Kasat dan KBO. Sementara dari pihak Pers, hadir puluhan wartawan media cetak, online dan elektronik.

Barli-sapaan akrab jdbolan AKPOL 1996 ini, menyebut, insan pers adalah mitra Polisi yang memiliki hubungan simbiosis mutualisme (hubungan saling menguntungkan-red). Untuk itu perlu dijalin komunikasi dua arah yang sehat.

” Polri dan Media memiliki hubungan simbiosis mutualisme. Semoga melalui pertemuan ini, membuat kita saling mengenal satu sama lain yang pada akhirnya mengantarkan kita pada kemitraan yang baik, komunikasi yang sehat serta saling menghormati sesuai tugas pokok kita masing-masing. Saya janji akan selalu ‘ada’ untuk rekan-rekan wartawan,” tegasnya.

Dijelaskannya, soal kemitraan dengan Pers, memang telah menjadi atensi Kapolri Jendral Tito Karnavian, yang menginstruksikan seluruh jajarannya se-Indonesia agar bisa menciptakan hubungan “mesra” dengan Media.

Senada disampaikan perwakilan awak Pers Siak, Yanti Sugrianti. Wartawati salah satu koran harian hukrim di Riau itu, mengaku sangat apresiatif pada gelaran coffee morning tersebut. Karena kata Dia, dengan bertemu, maka masing-masing akan saling mengenal dan dengan saling kenal, maka akan tercipta komunikasi yang baik.

” Untuk terciptanya komunikasi dua arah yang sehat, maka harus diawali oleh saling mengenal satu dengan lainnya. Semoga pertemuan hari ini menjadi awal yang baik bagi kemitraan Polres Siak beserta jajaran dengan para insan pers Siak,” ujar Yanti.

Lebih lanjut, wartawati yang akrab disapa Teteh ini menyampaikan tentang pentingnya keterbukaan informasi dari pihak Polres Siak selaku sumber berita sehingga tidak menimbulkan opini pribadi dari wartawan yang bisa saja melebar dan pada akhirnya menjadi polemik.

“Inti dari tugas kami selaku awak Media adalah mencari data berita dari nara sumber kredibel demi memenuhi hak publik dalam memperoleh informasi. Bila hal ini terpenuhi, maka dipastikan tidak akan terjadi polemik dalam pemberitaan,” ungkapnya lagi.

Yanti juga menekankan kepada sesama insan pers Siak, agar juga menghormati hak-hak nara sumber sebagaimana yang sudah tercantum dalam kode etik jurnalistik. (Tie)

 

 

[Tribratanews.com/ Humas Polres Siak – Polda Riau]

Related Posts